ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RENDANG DI KOTA PADANG

Parulian, Carlo Ariel (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RENDANG DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Tugas Akhir FullText)
Tugas Akhir FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pembeli beserta pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian konsumen rendang di Kota Padang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni tahun 2025. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian adalah survey dengan sample 125 responden. Teknik pengambilan sample tersebut dengan metode NonProbability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis kuantitaif menggunakan Strustural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Squart (PLS) dengan SmartPLS versi 3.2.9. Adapun hasil Penelitian ini, bahwa karakteristik konsumen dalam pembelian rendang di Toko Rendang Uni Lili dan Toko Asese yaitu kunjungan terbanyak konsumen dengan umur 20 – 34 tahun (69,60%), jenis kelamin perempuan (63,20%), pendidikan S.1 (68,00%), pekerjaan wiraswasta (37,60%). Sedangkan pendapatan > Rp. 3.500.000 (34,40%) dan wilayah tempat tinggal umumnya di Kota Padang (45,93). Pada penelitian ini di dapatkan nilai Q – Square yakninya 0,502 > 0 menandakan keptusan pembelian memiliki predictive relevance. Perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai P-value 0,00 (<0,05). Perilaku konsumen yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yaitu faktor budaya, pribadi, dan psikologi. Tetapi faktor pribadi memberikan pengaruh yang paling signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu faktor sosial tidak berpengaruh signifikan. Secara keseluruhan, pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 73%, sebagaimana yang ditunjukkan oleh nilai R–square 0,735

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. Boyon, MP; Noni Novarista, S. Pt, M. Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Rendang; SEMPLS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:08
Last Modified: 05 Nov 2025 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514592

Actions (login required)

View Item View Item