Optimalisasi Media Sosial Instagram @wisata.padangpanjang Sebagai Media Promosi Wisata Disporapar Kota Padang Panjang

Putri, Shania Audi Kharinda (2025) Optimalisasi Media Sosial Instagram @wisata.padangpanjang Sebagai Media Promosi Wisata Disporapar Kota Padang Panjang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Dapus)
dapus.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Skripsi full)
SKRIPSI__FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Disporapar Kota Padang Panjang mengoptimalkan Instagram @wisata.padangpanjang sebagai strategi promosi wisata akibat masih rendahnya kesadaran calon wisatawan terhadap destinasi di Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Instagram oleh pengelola dengan fokus pada optimalisasi Instagram sebagai media promosi wisata daerah. Pengelolaan akun ini dianalisis menggunakan konsep The Circular Model of SOME oleh Regina Lutrell, yang berfokus pada empat tahap utama: share, optimize, manage, dan engage. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi Instagram @wisata.padangpanjang dilakukan melalui tahap share ( konten, feeds, stories, reels sesuai preferensi audiens dan testimoni pengunjung), optimize (pemantauan waktu efektif dan konten menarik), manage (monitoring insight dan respon cepat), serta engage (kolaborasi dengan followers dan influencer). Tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya engagement, perubahan algoritma, keterbatasan respon, dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Revi Marta, M.I.Kom; Ilham Havifi, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Instagram;Media Promosi;Optimalisasi media sosial;Pariwisata; The Circular Model of SOME
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: S1 Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:58
Last Modified: 29 Oct 2025 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513317

Actions (login required)

View Item View Item