Indiyana, Tamara Titanya (2025) KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM MEMPROMOSIKAN LEMBAH HARAU. S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan daerah yang membutuhkan strategi komunikasi pemasaran efektif untuk meningkatkan daya tarik destinasi. Lembah Harau sebagai ikon wisata Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki potensi besar, namun diperlukan upaya promosi yang terarah untuk memperluas jangkauan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima Puluh Kota dalam mempromosikan Lembah Harau. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pihak Disparpora, pengelola Pokdarwis, serta pelaku usaha lokal. Data dianalisis menggunakan konsep bauran komunikasi pemasaran Kotler & Keller yang mencakup iklan, promosi penjualan, personal selling, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran digital, dan event .Hasil penelitian menunjukkan, Disparpora telah menerapkan bauran komunikasi pemasaran melalui event tahunan, media cetak, dan promosi digital. Segmentasi pasar wisatawan Lembah Harau didominasi oleh pengunjung lokal Sumatera Barat, dengan tambahan wisatawan domestik dari luar provinsi serta mancanegara. Namun, pengemasan pesan promosi masih bersifat sederhana dan belum sepenuhnya menonjolkan keunikan Lembah Harau sebagai destinasi unggulan. media dan saluran komunikasi pemasaran yang digunakan Disparpora masih didominasi oleh media sosial seperti Instagram dan Facebook, serta event lokal seperti Festival Harau. Strategi ini efektif menjangkau wisatawan lokal dan regional, tetapi jangkauan ke wisatawan nasional maupun mancanegara masih terbatas sehingga perlu diperkuat dengan kombinasi promosi offline dan kolaborasi multipihak.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Revi Marta,M .I. Kom ; Ilham Hafivi,M .I. Kom |
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Disparpora, Lembah Harau, Strategi Promosi |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | S1 Ilmu Komunikasi |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:59 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:59 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric