Analisis Perilaku Mahasiswa Gen Z dalam Keputusan Pembelian Makanan Tradisional Rendang Daging Sapi di Kota Padang

Ardia, Ardia (2025) Analisis Perilaku Mahasiswa Gen Z dalam Keputusan Pembelian Makanan Tradisional Rendang Daging Sapi di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 penutup.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik Gen Z dan karakteristik pembelian rendang di Kota Padang; (2) pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian rendang di Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari sampai Maret 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan jumlah sampel 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Mayoritas konsumen dalam pembelian Rendang daging sapi di Kota Padang berasal dari kampus Universitas Negeri Padang (40%), berjenis kelamin perempuan (83,33%%), uang saku bulanan berada pada kisaran Rp 500.000 – Rp 1.000.000 (65,00%), berasal dari Sumatera Barat yaitu Kota Padang (22,50%), frekuensi pembelian 1 kali sebulan (51,67%), dengan jumlah pembelian 2 potong perbulan (36,67%), dan tempat pembelian di rumah makan (95,00%). (2) Faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value sebesar 0,006; Faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value sebesar 0,000; Faktor pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value sebesar 0,000; Faktor Psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-Value sebesar 0,001. Secara keseluruhan, pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 50,8%, sebagaimana ditunjukan oleh nilai R-Square sebesar 0.508.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Elfi Rahmi, S.Pt., M.P. ; Dr. Nurhayati, S.Pt., M.M.
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian; Perilaku Konsumen; Rendang; SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:53
Last Modified: 20 Oct 2025 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512692

Actions (login required)

View Item View Item