Mardiyah, Fitriatul (2025) Pengaruh Perubahan Peraturan Perpajakan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop Dimoderasi oleh Literasi Perpajakan (Studi Kasus Pada Penggemar K-Pop di Indonesia). S2 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.PDF - Published Version Download (94kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.PDF - Published Version Download (32kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version Download (138kB) |
|
|
Text (TESIS FULL)
TESIS FULL FITRIATUL MARDIYAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena Hallyu atau Korean Wave mendorong meningkatnya konsumsi produk budaya Korea di Indonesia, khususnya merchandise K-Pop. Namun, perubahan regulasi perpajakan, gaya hidup, dan tingkat literasi perpajakan berpotensi memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perubahan peraturan perpajakan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop dengan literasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan survei kuesioner melalui media sosial pada penggemar K-Pop di Indonesia yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan peraturan perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara gaya hidup hedonis berpengaruh positif. Literasi perpajakan tidak terbukti memoderasi hubungan antar variabel. Penelitian ini memberikan kebaruan dengan mengkaji perilaku konsumtif penggemar K-Pop dari perspektif perpajakan serta menambahkan variabel literasi perpajakan sebagai moderasi.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Fauzan Misra, M.Sc., Ak., CA., BKP., CACP |
| Uncontrolled Keywords: | Perubahan Peraturan Perpajakan; Gaya Hidup; Literasi Perpajakan; Keputusan Pembelian; Penggemar K-Pop; Merchandise K-Pop. |
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Akuntansi |
| Depositing User: | S2 Akuntansi Akuntansi |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 06:49 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 06:49 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]
["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]