Evaluasi Pengaturan Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang dengan Bantuan Software Microsimulation

Perdana, Heru (2025) Evaluasi Pengaturan Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang dengan Bantuan Software Microsimulation. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (949kB)
[img] Text (Tugas Akhir fulltext)
tesis dengan watermark(2003).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Persimpangan jalanan merupakan salah satu titik kritis dalam sistem transportasi yang dapat menjadi sumber kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang merupakan persimpangan yang belum dilengkapi sistem pengendalian arus kendaraan karenanya mampu mengakibatkan terjadi banyak konflik lalu lintas yang berujung pada terjadinya kemacetan lalu lintas pada persimpangan. Maksud studi ini adalah guna Melakukan evaluasi efektivitas pertemuan Jalan Pisang saat situasi sekarang / nyata, Melakukan evaluasi mutu layanan Persimpang Pisang ketika penutupan simpang sehingga menjadi simpang tiga dua sisi, serta memberikan Usulan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Simpang Pisang pada situasi ditutup. Teknik yang diaplikasikan dalam riset ialah kuantitatif melalui bantuan perangkat lunas microsimulation VISSIM. Dari hasil evaluasi tersebut didapat Kinerja Simpang Pisang Eksisting memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 125.5 meter dan ketika tingkatan layanan F melalui tundaan maksimal 194.72 det/smp, efektivitas skenario pemberian APILL memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 155.04 meter dan tundaan maksimal sebesar 100.53 detik/smp dengan tingkat pelayanan F, dan Kinerja Simpang Pisang Skenario simpang tiga dua sisi memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 20.5 meter dan tundaan maksimal sebesar 4.15 detik/smp pada level layanan A. Dengan demikian, Simpang tiga dua sisi Pada Simpang Pisang merupakan skenario yang akan diusulkan dalam rangka perbaikan Pengaturan Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Yossyafra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D; Ir. Bayu Martanto Adji, S.T., M.T., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Simpang Empat; Microsimulation (VISSIM); Kinerja Simpang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:43
Last Modified: 04 Sep 2025 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511020

Actions (login required)

View Item View Item