Perdana, Heru (2025) Evaluasi Pengaturan Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang dengan Bantuan Software Microsimulation. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (463kB) |
![]() |
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (750kB) |
![]() |
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir.pdf - Published Version Download (231kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (949kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir fulltext)
tesis dengan watermark(2003).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Persimpangan jalanan merupakan salah satu titik kritis dalam sistem transportasi yang dapat menjadi sumber kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang merupakan persimpangan yang belum dilengkapi sistem pengendalian arus kendaraan karenanya mampu mengakibatkan terjadi banyak konflik lalu lintas yang berujung pada terjadinya kemacetan lalu lintas pada persimpangan. Maksud studi ini adalah guna Melakukan evaluasi efektivitas pertemuan Jalan Pisang saat situasi sekarang / nyata, Melakukan evaluasi mutu layanan Persimpang Pisang ketika penutupan simpang sehingga menjadi simpang tiga dua sisi, serta memberikan Usulan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Simpang Pisang pada situasi ditutup. Teknik yang diaplikasikan dalam riset ialah kuantitatif melalui bantuan perangkat lunas microsimulation VISSIM. Dari hasil evaluasi tersebut didapat Kinerja Simpang Pisang Eksisting memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 125.5 meter dan ketika tingkatan layanan F melalui tundaan maksimal 194.72 det/smp, efektivitas skenario pemberian APILL memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 155.04 meter dan tundaan maksimal sebesar 100.53 detik/smp dengan tingkat pelayanan F, dan Kinerja Simpang Pisang Skenario simpang tiga dua sisi memiliki kinerja maksimal antrian sebesar 20.5 meter dan tundaan maksimal sebesar 4.15 detik/smp pada level layanan A. Dengan demikian, Simpang tiga dua sisi Pada Simpang Pisang merupakan skenario yang akan diusulkan dalam rangka perbaikan Pengaturan Simpang Empat Bypass Km 6 (Simpang Pisang) Kota Padang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Yossyafra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D; Ir. Bayu Martanto Adji, S.T., M.T., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Simpang Empat; Microsimulation (VISSIM); Kinerja Simpang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |