Diplomasi Korporat HYBE LABELS Melalui Kpop Goes to Hollywood di Amerika Serikat

Julio Agung, Prasetyo (2025) Diplomasi Korporat HYBE LABELS Melalui Kpop Goes to Hollywood di Amerika Serikat. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (638kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BABV kesimpulan.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (FULL DRAFT SKRIPSI)
full draft skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran HYBE LABELS sebagai aktor non-negara dalam diplomasi publik Korea Selatan melalui strategi corporate diplomacy, khususnya dalam konteks ekspansi budaya populer Korea melalui program K-pop Goes to Hollywood di Amerika Serikat. Dalam kajian hubungan internasional kontemporer, perusahaan tidak hanya dipandang sebagai entitas ekonomi semata, tetapi juga berperan dalam menyebarkan nilai dan budaya nasional, serta membentuk citra negara di ranah global. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kerangka konseptual corporate diplomacy dari Candace L. White yang mencakup lima aspek utama cultural diplomacy, foreign investment, branding, product export, dan corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi yang dijalankan oleh HYBE LABELS turut berkontribusi terhadap diplomasi budaya Korea Selatan. Temuan menunjukkan bahwa HYBE LABELS menggunakan strategi Korean Wave di Amerika melalui konser dunia, kerja sama investasi, program televisi, branding positif, dan kampanye sosial, yang pada akhirnya tidak hanya menguntungkan secara korporat tetapi juga memperkuat citra nasional Korea Selatan di tingkat global.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Anita Afriani Sinulingga, S.IP.,M.SI; Rifki Dermawan,S.Hum.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Corporate Diplomacy; HYBE LABELS; Korean Wave; Diplomasi Budaya; K-pop Goes to Hollywood
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:24
Last Modified: 03 Sep 2025 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510736

Actions (login required)

View Item View Item