Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepatuhan Pasien dalam Menjalani Perawatan Saluran Akar Multi Kunjungan di RSGM Universitas Andalas

Maulana, Mutia Aribah (2025) Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepatuhan Pasien dalam Menjalani Perawatan Saluran Akar Multi Kunjungan di RSGM Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I..pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ..pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI Full Text Mutia Aribah M.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Kepatuhan adalah sejauh mana pasien mengikuti instruksi medis, jadwal perawatan, dan prosedur pengobatan yang diberikan oleh tenaga medis untuk mencapai hasil perawatan yang optimal. Kualitas pelayanan yang diberikan dapat memengaruhi kepatuhan pasien terhadap perawatan, termasuk perawatan saluran akar multi kunjungan. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan 5 dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Di RSGM Universitas Andalas, belum diketahui sejauh mana kualitas pelayanan memengaruhi kepatuhan pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan dengan tingkat kepatuhan pasien dalam menjalani perawatan saluran akar di RSGM Universitas Andalas. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 53 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang disusun berdasarkan dimensi SERVQUAL dan MMAS-8 yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik menggunakan uji Chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara bukti fisik (p= 0,008), keandalan (p= <0,001), daya tanggap (p= <0,038), jaminan (p=<0,011), dan empati (p<0,016) dengan tingkat kepatuhan pasien di RSGM Universitas Andalas. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kelima dimensi kualitas pelayanan dengan tingkat kepatuhan pasien dalam menjalani perawatan saluran akar multi kunjungan RSGM Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Pembimbing 1 : drg. Reni Nofika, Sp.KG Pembimbing 2 : Surma Adnan, S.K.M.,M.M
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 31 Aug 2025 15:45
Last Modified: 31 Aug 2025 15:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/506542

Actions (login required)

View Item View Item