Pengaruh expressive writing therapy terhadap stres, kecemasan dan depresi pada remaja korban bullying di SMP kecamatan koto tangah kota padang

Monalia, arisandi (2025) Pengaruh expressive writing therapy terhadap stres, kecemasan dan depresi pada remaja korban bullying di SMP kecamatan koto tangah kota padang. S2 thesis, universitas andalas.

[img] Text (abstrak dan cover)
Cover dan Abstrak 2.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (tesis full)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bullying sering terjadi pada remaja dengan dampak psikologis yang sering ditemui pada korban berupa stres, kecemasan dan depresi. Salah satu cara untuk menangani masalah tersebut dangan expressive writing therapy. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh expressive writing therapy terhadap stres, kecemasan dan depresi pada remaja korban bullying. Desain penelitian ini menggunakan Quasy Experimental dengan pretest posttest with control group design. Sampel pada penelitian berjumlah 38 orang kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Depression Anxiety, and Stress Scale (DASS 21). Penelitian dilakukan di SMP Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tahun 2025. Hasil penelitian didapatkan pada kelompok intervensi nilai rata-rata stres sebelum 10,71 menjadi 6,21 dengan selisih 4.50, rata-rata kecemasan sebelum 9,34 menjadi 5,92 dengan selisih 3,42, rata-rata depresi sebelum 6,58 menjadi 3,76 dengan selisih 2,82. Terdapat perbedaan signifikan rata-rata stres, kecemasan dan depresi pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan expressive writing therapy dengan p-value 0,000. Ada pengaruh signifikan expressive writing therapy terhadap stres, kecemasan dan depresi pada kelompok intervensi dibuktikan dengan p-value 0,000. Diharapkan expressive writing therapy dapat diterapkan kepada remaja korban bullying untuk mencegah stres, kecemasan dan depresi.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr.Ns. dewi eka putri,M.Kep.Sp.Kep.j
Uncontrolled Keywords: remaja, bullying, stres, kecemasan, depresi, expressive writing therapy
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2025 09:22
Last Modified: 26 Aug 2025 09:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/505798

Actions (login required)

View Item View Item