Zuria, Arifa (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE EMOTIONAL DEMONSTRATION TERHADAP PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 14 PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan ABSTRAK)
ABSTRAK_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version Download (972kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version Download (233kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version Download (269kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku menstrual hygiene yang tidak sesuai pada remaja putri masih menjadi permasalahan kesehatan reproduksi di lingkungan sekolah. Metode Emotional Demonstration mengintegrasikan stimulasi emosional berupa cerita inspiratif dan simulasi praktis untuk membentuk kebiasaan positif. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh pendekatan tersebut terhadap perilaku hygiene menstruasi pada siswi SMPN 14 Padang. Penelitian menggunakan desain quasi‑eksperimen non‑equivalent control group dengan 42 siswi menarche kelas VII–VIII, terbagi rata antara kelompok intervensi dan kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabelitas. practice menstrual hygiene, yang mencakup pemaparan materi audiovisual, demonstrasi praktik membersihkan organ genital, diskusi reflektif, serta role‑play. Analisis melibatkan uji normalitas Shapiro–Wilk, Wilcoxon Signed Rank Test untuk perubahan dalam kelompok, dan Mann–Whitney U Test (0.008) untuk perbandingan antar kelompok. Kelompok intervensi menunjukkan peningkatan proporsi perilaku baik dari 52,4 % menjadi 100 % (p value 0,000), sedangkan kelompok kontrol hanya berubah dari 66,7 % menjadi 71,4 % (p value 0,046). Temuan penelitian menyediakan dasar bagi pengembangan metode edukasi emosional di sekolah serta mendukung kebijakan promosi kesehatan reproduksi remaja
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Agus Sri Banowo S.Kp, MPH |
Uncontrolled Keywords: | Emotional Demonstration, Menstrual Hygiene, Remaja Putri, Perilaku, Pendidikan Kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/503963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |