PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE EMOTIONAL DEMONSTRATION TERHADAP PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 14 PADANG

Zuria, Arifa (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE EMOTIONAL DEMONSTRATION TERHADAP PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 14 PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan ABSTRAK)
ABSTRAK_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version

Download (972kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS_skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi2025_zuria arifa_2111313026.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menstrual hygiene yang tidak sesuai pada remaja putri masih menjadi permasalahan kesehatan reproduksi di lingkungan sekolah. Metode Emotional Demonstration mengintegrasikan stimulasi emosional berupa cerita inspiratif dan simulasi praktis untuk membentuk kebiasaan positif. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh pendekatan tersebut terhadap perilaku hygiene menstruasi pada siswi SMPN 14 Padang. Penelitian menggunakan desain quasi‑eksperimen non‑equivalent control group dengan 42 siswi menarche kelas VII–VIII, terbagi rata antara kelompok intervensi dan kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabelitas. practice menstrual hygiene, yang mencakup pemaparan materi audiovisual, demonstrasi praktik membersihkan organ genital, diskusi reflektif, serta role‑play. Analisis melibatkan uji normalitas Shapiro–Wilk, Wilcoxon Signed Rank Test untuk perubahan dalam kelompok, dan Mann–Whitney U Test (0.008) untuk perbandingan antar kelompok. Kelompok intervensi menunjukkan peningkatan proporsi perilaku baik dari 52,4 % menjadi 100 % (p value 0,000), sedangkan kelompok kontrol hanya berubah dari 66,7 % menjadi 71,4 % (p value 0,046). Temuan penelitian menyediakan dasar bagi pengembangan metode edukasi emosional di sekolah serta mendukung kebijakan promosi kesehatan reproduksi remaja

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Agus Sri Banowo S.Kp, MPH
Uncontrolled Keywords: Emotional Demonstration, Menstrual Hygiene, Remaja Putri, Perilaku, Pendidikan Kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:26
Last Modified: 21 Aug 2025 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/503963

Actions (login required)

View Item View Item