Diplomasi Publik Amerika Serikat di Indonesia: Sebuah Studi mengenai Penggemar Formula One

Khairi, Ahmad Dzaky (2025) Diplomasi Publik Amerika Serikat di Indonesia: Sebuah Studi mengenai Penggemar Formula One. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak E-Skripsi_Ahmad Dzaky Khairi (2110853006).pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I E-Skripsi_Ahmad Dzaky Khairi (2110853006).pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V E-Skripsi_Ahmad Dzaky Khairi (2110853006).pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka E-Skripsi_Ahmad Dzaky Khairi (2110853006).pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Full Text Skripsi Ahmad Dzaky Khairi)
E-Skripsi_Ahmad Dzaky Khairi (2110853006).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Selama satu dekade terakhir, terdapat pergerseran tren mengenai penggunaan diplomasi publik oleh negara. Dengan pesatnya peningkatan jumlah penggemar Formula One di Indonesia setelah ajang tersebut diakuisisi oleh Liberty Media, perusahaan asal Amerika Serikat, menjadikan penggemar memiliki potensi terhadap penyelenggaraan diplomasi publik Amerika Serikat di Indonesia. Akan tetapi tidak semua aktivitas penggemar dapat dikategorikan ke dalam upaya diplomasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan penggemar F1 dalam diplomasi publik Amerika Serikat di Indonesia. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif dan pendekatan studi lapangan melalui wawancara terhadap lima konten kreator F1 di Indonesia dengan menggunakan konsep citizen diplomacy oleh Anca Anton dan Raluca Moise untuk mengetahui bagaimana keterlibatan penggemar F1 Indonesia dalam diplomasi publik. Konsep ini mencakup aspek mengenai identitas yang dibentuk, representasi yang diperankan, operasional kegiatan serta motivasi dan tujuan di balik kegiatan yang dilakukan oleh penggemar F1 Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggemar membentuk beragam identitas dan merepresentasikan berbagai peran yang berbeda. Selain itu penggemar merupakan aktor yang independen dalam menjalankan diplomasi publik, namun tetap memiliki keterhubungan dengan komunitas global serta menjadikan masyarakat umum sebagai target utama dalam diplomasi publik, tetapi memiliki motivasi dan ketertarikan yang beragam dalam melaksanakannya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggemar terlibat dalam pelaksanaan diplomasi publik Amerika Serikat di Indonesia secara independen dengan membentuk berbagai identitas dan menjalankan peran yang beragam. Selain itu, penggemar menargetkan masyarakat umum dengan berbagai motivasi dibaliknya dalam upaya diplomasi publik tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Sofia Trisni, S.IP., MA (IntRel); Maryam Jamilah, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Citizen Diplomacy; Content Creator; Diplomasi Publik; Formula One; Penggemar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JL Political institutions (America except United States)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:33
Last Modified: 20 Jun 2025 02:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499430

Actions (login required)

View Item View Item