PERSONAL BRANDING (CITRA DIRI) CERINT IRALLOZA DALAM PEMILIHAN DPD RI TAHUN 2024 DI SUMATERA BARAT

Febby, Febby (2025) PERSONAL BRANDING (CITRA DIRI) CERINT IRALLOZA DALAM PEMILIHAN DPD RI TAHUN 2024 DI SUMATERA BARAT. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstract.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
Bab l.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (bab akhir penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar pustaka..pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full textt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis personal branding (citra diri) yang digunakan oleh perempuan muda Cerint Iralloza dalam pemilihan legislatif DPD RI 2024 di Sumatera Barat. Keterwakilan perempuan di parlemen masih menjadi isu penting, termasuk pada Pemilu Legislatif 2024 di Sumatera Barat. Tingkat keterpilihan perempuan di DPD RI sangat rendah, terlihat hanya satu legislator perempuan muda yang berhasil lolos, yaitu Cerint Iralloza Tasya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis branding yang dibangun Cerint Iralloza melalui personal branding (citra diri) pada tahap proses Pemilu dalam masa kampanye hingga sampai terpilih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengacu pada teori strategi politik Peter Schrooder untuk mengkaji bagaimana personal branding (citra diri) menjadi faktor penentu kesuksesan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cerint Iralloza secara konsisten membangun citra diri yang kuat melalui formulasi (konseptualisasi) visi misi yang menarik, identitas visual khas, pemanfaatan media sosial, dan keterlibatan aktif dengan kelompok sasaran strategis. Keberhasilannya meraih kursi DPD RI, bahkan setelah melalui dua kali pemungutan suara ulang menunjukkan efektifitas personal branding (citra diri) dalam membangun kedekatan emosional dengan pemilih serta meningkatkan elektabilitas (keterpilihan). Dan adanya juga temuan yang kemampuan Cerint Iralloza untuk mengintegrasikan branding pribadi dengan trategi politik berbasis jaringan sosial dan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dewi Anggraini, S.IP,M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterwakilan Perempuan, Strategi Politik, Personal Branding
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu politik
Date Deposited: 19 Jun 2025 10:54
Last Modified: 19 Jun 2025 10:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499379

Actions (login required)

View Item View Item