Implementasi Program Pendidikan Keluarga Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bukittinggi

Eryn, Sobarini (2019) Implementasi Program Pendidikan Keluarga Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Program Pendidikan Keluarga tingkat sekolah dasar di Kota Bukittinggi. Program Pendidikan Keluarga merupakan program yang berperan dalam memberdayakan satuan pendidikan untuk melakukan kemitraan dengan orang tua serta meningkatkan kesadaran orang tua agar peduli dan terlibat dalam memajukan pendidikan anak. Pada tahun 2018, SD Rujukan 04 Birugo Kota Bukittinggi meraih Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun dalam pelaksanaan Program Pendidikan Keluarga ada multi interpretasi tujuan dimana ada persaingan orang tua. Selain itu, banyak satuan pendidikan dalam menyelenggarakan Program Pendidikan Keluarga masih sekadarnya saja serta orang tua masih ada yang tidak peduli dan paham mengenai Program Pendidikan Keluarga. Fenomena ini menunjukkan perlu dilihat bagaimana implementasi Program Pendidikan Keluarga Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan Teori Donald Van Meter dan Carl Van Horn yang terdiri dari enam variabel yaitu Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber Daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Disposisi, Komunikasi Antar Organisasi dan Aktivitas Implementasi serta Lingkungan Sosial, Ekonomi, dan Politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Program Pendidikan Keluarga Tingkat Sekolah Dasar sudah berjalan dengan baik namun masih belum merata di setiap sekolah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu Pokja belum bisa mendampingi seluruh sekolah dalam implementasi program, pemahaman Pokja dan satuan pendidikan yang belum mendalam terhadap program, sumberdaya anggaran belum memadai serta dukungan orang tua yang berbeda di setiap sekolah. Program Pendidikan Keluarga telah dilaksanakan namun belum secara optimal karena belum merata di setiap sekolah dan masih dalam tahap menuju implementasi Program Pendidikan Keluarga secara menyeluruh. Kata Kunci: Implementasi, Program Pendidikan Keluarga, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 14 Oct 2019 10:21
Last Modified: 14 Oct 2019 10:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49884

Actions (login required)

View Item View Item