Perbandingan Tekanan Darah Sebelum dan Sesudah Awitan Melakukan Olahraga Aerobik dan Handgrip Isometric Exercise Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Gopi, Kumara Veloo (2019) Perbandingan Tekanan Darah Sebelum dan Sesudah Awitan Melakukan Olahraga Aerobik dan Handgrip Isometric Exercise Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1 Pendahuluan.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab7 Penutup.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh latihan fisik kerana latihan fisik ada perubahan besar dalam sirkulasi. Olahraga aerobik akan meningkatkan tekanan darah sistolik dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perubahan tekanan darah sebelum dan sesudah awitan olahraga aerobik dan handgrip isometric exercise pada mahasiswa laki-laki dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan menggunakan desain cross-sectional study. Sampel penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa laki-laki Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2018. Subyek dibahgi kepada dua kelompok dengan 20 mahasiswa laki-laki setiap kelompok. Kelompok pertama bersepeda aerobik selama 30 menit dan kelompok kedua melakukan handgrip isometric exercise dengan gengaman maksimal selama 2 menit lalu dilakukan pengukuran tekanan darah sebelum dan sesudah awitan dengan menggunakan sphygmomanometer. Analisis data digunakan metode “t-test”. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tekanan darah sebelum berolahraga aerobik dan handgrip isometric exercise (p = 0.341) sementara itu terdapat perbedaan yang signifikan dalam tekanan darah setelah olahraga aerobik dan handgrip isometric exercise (p = 0.0001).Kesimpulan penelitian ini terdapat peningkatan tekanan darah diastolik lebih besar sesudah awitan handgrip isometric exercise dibandingkan dengan olahraga aerobik. Kata kunci : Tekanan darah, Handgrip isometric exercise, Olahraga aerobik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dr. H. Afriwardi, SpKO, MA
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Oct 2019 11:27
Last Modified: 17 Oct 2019 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49857

Actions (login required)

View Item View Item