Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Oleh Siswa Reguler di Kelas Inklusi SMP X Kota Padang Panjang

Chairunnisa, Hanif (2019) Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Oleh Siswa Reguler di Kelas Inklusi SMP X Kota Padang Panjang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Updated Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full Chairunnisa Hanif.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penolakan terhadap siswa ABK oleh siswa regular adalah masalah utama di sekolah inklusi. Salah satunya terjadi dalam bentuk bullying. Perilaku bullying yang dilakukan siswa sangat dipengaruhi oleh teman sebaya, karena perilaku negatif ini berpeluang besar untuk ditiru oleh remaja. Motif untuk menjadi sama, meniru, seragam dengan nilai-nilai, kebiasaan, kegemaran atau budaya teman sebaya dapat dijelaskan dengan kosep konformitas. Konformitas membuat remaja melakukan perubahan perilaku untuk menyesuaikan dengan kelompok yang dimasukinya, dan ini dapat menjadi pemicu awal terjadinya bullying. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying oleh siswa reguler di kelas inklusi SMP X Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 160 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konformitas teman sebaya dan skala bullying untuk mengukur perilaku bullying yang dibuat oleh peneliti terhadap siswa reguler SMP X Padang Panjang. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying oleh siswa reguler di kelas inklusi SMP X Padang Panjang. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 (p < 0,05) dan nilai koefisien R-square (R2) dengan nilai sebesar 0,214. Hal tersebut menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 21,4% dalam mempengaruhi perilaku bullying dan sisanya 78,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Konformitas Teman Sebaya, Bullying, Inklusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 10 Oct 2019 17:17
Last Modified: 10 Oct 2019 17:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49843

Actions (login required)

View Item View Item