Nurliza, Okta (2025) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying Pada Siswa/i SMPN 24 dan SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Okta Nurliza_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (484kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
Okta Nurliza_BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
Okta Nurliza_BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (221kB) |
![]() |
Text
Okta Nurliza_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (447kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text_Okta Nurliza_2111211021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan: Perilaku bullying dapat dilakukan dan dialami oleh semua kalangan baik di tingkat SD, SMP, SMA maupun di lingkungan sosial. Sebagian besar (75,9%) remaja pernah mendapatkan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada siswa/i SMPN 24 dan SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang tahun 2025. Metode pada penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional terdiri dari 266 sampel dari 790 populasi. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling menggunakan kuisioner dan dianlisis uji chi-square. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2024 hingga April 2025. Hasil: Hasil analisis univariat diketahui lebih dari separuh (54,1%) siswa memiliki perilaku bullying kategori tinggi. Faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada siswa/i SMPN 24 dan SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang adalah sikap negatif (p=0,000), iklim sekolah kurang baik (p=0,000), peran teman sebaya yang kurang berperan (p=0,020), pengaruh media sosial tinggi (p=0,000). Kesimpulan: Perilaku bullying di SMPN 24 dan SMP Muhammadiyah 5 memiliki katogori tinggi. Disarankan kepada pihak sekolah memberikan edukasi dan informasi mengenai perilaku bullying setiap bulan secara berkala yang dimulai dari dampak, penyebab dan cara mencegah atau menangani perilaku bullying dengan tujuan agar masyarakat sekolah termasuk guru paham mengenai konteks bullying tidak menganggap perilaku bullying ini hal biasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mery Ramadani, S.K.M., M.K.M; Hamidatul Yuni, S.ST., M.Kes ; |
Uncontrolled Keywords: | Bullying; Perilaku; Siswa; |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |