Sherly, Nandita (2025) Tiktok Shop dan Dorongan Perilaku Impulsive Buying di Kalangan Mahasiswa Kota Padang (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (640kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (250kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (234kB) |
![]() |
Text (Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku impulsive buying merupakan tindakan membeli barang atau jasa secara spontan tanpa perencanaan yang matang. Perilaku ini sering kali dipicu oleh rangsangan eksternal seperti promosi menarik, tampilan produk yang menggoda, atau potongan harga yang menggiurkan. TikTok Shop sebagai bagian dari platform TikTok memanfaatkan fitur berbagi video pendek yang interaktif untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan terintegrasi langsung dengan aktivitas pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap pengguna TikTok dalam melihat konten video iklan di fitur TikTok Shop, serta mengidentifikasi jenis konten yang mendorong terjadinya perilaku impulsive buying.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Masyarakat Konsumsi dari Jean Baudrillard, yang relevan dalam menjelaskan bagaimana individu terdorong untuk mengonsumsi bukan karena kebutuhan, melainkan karena simbol dan hasrat akan kepuasan semu yang ditawarkan media. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Universitas Andalas yang menjadi pengguna aktif TikTok Shop.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku impulsive buying di kalangan mahasiswa FISIP dipengaruhi oleh respons emosional terhadap konten iklan, terutama yang disajikan dengan teknik iklan yang dilakukan dengan secara terang-terangan dan dikemas secara kreatif. Konten semacam ini mampu membangkitkan dorongan sesaat tanpa melalui proses pertimbangan rasional, sehingga mendorong tindakan pembelian yang spontan. Kata kunci : Impulsive Buying, Tiktok Shop, Video konten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Vitania Yulia,MA |
Uncontrolled Keywords: | Impulsive Buying, Tiktok Shop, Video konten |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |