Analisis Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan melalui Strategi STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) di UPTD BKIM Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025

Annisa, Faradiba Silfilla (2025) Analisis Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan melalui Strategi STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) di UPTD BKIM Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak_Cover eSkripsi Faradiba Silfilla Annisa.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I_eSkripsi Faradiba Silfilla Annisa.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI_eSkripsi Faradiba Silfilla Annisa.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_eSkripsi Faradiba Silfilla Annisa.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Text Skripsi_Faradiba Silfilla Annisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian: BKIM Provinsi Sumatera Barat mengalami penurunan kunjungan pasien periode Oktober-Desember 2024. Strategi STP diperlukan untuk mengarahkan sumber daya ke segmen segmen pasar paling relevan agar bauran pemasaran lebih efektif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bauran pemasaran pelayanan kesehatan melalui Strategi STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) di UPTD BKIM Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025. Metode: Penelitian ini dilaksanakan pada November 2024-Mei 2025 dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 10 orang dengan penentuan secara purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil: Segmentation dan targeting belum optimal karena BKIM belum memiliki dokumen atau SOP resmi. Positioning difokuskan pada layanan kesehatan mata dengan produk layanan meliputi poliklinik mata, THT, dan gigi. Sistem rujukan JKN terbatas mengakibatkan rendahnya kunjungan pasien. Harga bersifat transparan sesuai peraturan daerah. Kendala aspek place, bentuk bangunan BKIM menggunakan gaya arsitektur institusional menimbulkan persepsi masyarakat bahwa BKIM merupakan kantor pemerintahan. Promosi sudah variatif, namun belum terpisah dari promosi kesehatan. Kesimpulan: BKIM perlu menyusun dokumen resmi terkait segmentation, targeting, dan positioning agar bauran pemasaran selaras dengan strategi STP.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ayulia Fardila Sari ZA, SKM., MPH.; Dr. Dra. Sri Siswati, Apt., SH., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Strategi STP; Bauran Pemasaran; Pelayanan Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Jun 2025 10:24
Last Modified: 16 Jun 2025 10:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497250

Actions (login required)

View Item View Item