Arafah, Fairussi (2025) ANALISIS HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN RAKIK KACANG GERAI OLEH-OLEH CLARISA DI KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (496kB) |
![]() |
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version Download (141kB) |
![]() |
Text (BAB V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (103kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lima Puluh Kota, berkembang pesat dalam sektor pangan olahan, salah satunya adalah usaha Rakik Kacang Gerai Oleh-Oleh Clarisa. Banyaknya usaha pengolahan rakik kacang yang serupa dengan Rakik Kacang Gerai Oleh-Oleh Clarisa di Kecamatan Harau membuat persaingan yang ketat dalam industri oleh-oleh khas daerah mendorong setiap pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan minat beli ulang konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bauran pemasaran yang diterapkan pada usaha Rakik Kacang Gerai Oleh-Oleh Clarisa serta menganalisis hubungan antara atribut bauran pemasaran dengan minat beli ulang konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden yang merupakan konsumen yang telah melakukan pembelian ulang. Analisis data dilakukan menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik Chi-Square untuk melihat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap bauran pemasaran usaha Gerai Oleh-Oleh Clarisa, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi, berada dalam kategori sangat baik, serta konsumen menunjukkan minat tinggi untuk melakukan pembelian ulang. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa atribut produk dan harga memiliki hubungan signifikan dengan minat beli ulang konsumen, sementara atribut tempat dan promosi tidak memiliki hubungan yang signifikan. Oleh karena itu, disarankan agar mempertahankan dan berinovasi pada bauran produk dan harga yang sudah diterapkan dan melakukan inovasi dalam promosi yang dilakukan seperti lebih aktif dan inovatif dalam melakukan pemasaran digital serta perlu mempertimbangkan kemudahan akses lokasi Gerai Oleh-Oleh Clarisa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Dwi Evaliza, M.Si,; Yulistriani, S.P,.M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran; Chi-Square; Minat Beli Ulang; Rakik Kacang; UMKM |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:02 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/495682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |