Analisis Strategi Pemasaran pada Industri Kopi Saiyo Kota Padang Panjang

Angeni, Dhiya Fadhilah (2025) Analisis Strategi Pemasaran pada Industri Kopi Saiyo Kota Padang Panjang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Kopi Saiyo adalah usaha kopi bubuk paling tua di Kota Padang Panjang. Masalah utama yang dihadapi oleh Usaha Kopi Saiyo adalah belum memanfaatkan penggunaan media promosi digital dengan maksimal sehingga pemasaran sampai sekarang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal Usaha Kopi Saiyo, merumuskan strategi pemasaran untuk Usaha Kopi Saiyo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Metode analisis data yang digunakan adalah Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-External (IE), Matriks SWOT dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Berdasarkan perhitungan menunjukkan bahwa Usaha Kopi Saiyo memiliki nilai IFE sebesar 2,96 dan nilai EFE 3,13. Hasil tersebut menempatkan Usaha Kopi Saiyo pada posisi sel II grow and build berdasarkan matriks IE. Sehingga pilihan strategi alternatif berdasarkan Matriks SWOT berupa: (1) Memaksimalkan penggunaan platform e-commerce atau marketplace untuk meningkatkan jangkauan pasar; (2) Optimalkan penggunaan teknologi untuk manajemen keuangan; (3) Upgrade mesin roasting dari manual menjadi otomatis untuk meningkatkan kapasitas produksi; (4) Membuat inovasi dengan membuat gerai Kopi Saiyo dengan bantuan pihak swasta; (5) Pengembangan produk alternatif dengan menciptakan varian baru Kopi Saiyo. Menggunakan Matriks QSP didapatkan nilai total sebesar 6,29 sehingga menghasilkan strategi terbaik yaitu pengembangan produk alternatif dengan menciptakan varian baru Kopi Saiyo.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Yusmarni, S.P, M.Sc; Dr. Widya Fitriana, S.P, M.Si
Uncontrolled Keywords: Faktor Eksternal; Faktor Internal; Kopi; Strategi Pemasaran; QSPM; SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:51
Last Modified: 16 Apr 2025 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/493096

Actions (login required)

View Item View Item