Komunikasi Persuasif Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Dalam Kampanye Program Cinta, Bangga, Paham Rupiah Pada Instagram @cbp_rupiah_bi_sumbar

Yesya, Amanda Putri (2025) Komunikasi Persuasif Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Dalam Kampanye Program Cinta, Bangga, Paham Rupiah Pada Instagram @cbp_rupiah_bi_sumbar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Bab 1)
DRAFT BAB 1 SKRIPSI MANDA .pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Bab 5)
DRAFT BAB 5 SKRIPSI MANDA .pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DRAFT DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MANDA.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat mencetuskan kampanye program Cinta, Bangga, Paham Rupiah sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi dengan mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar turut andil mengenal karakteristik Rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas kampanye dan komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dalam kampanye program Cinta, Bangga, Paham Rupiah melalui akun Instagram @cbp_rupiah_bi_sumbar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Data yang dikumpulkan berdasarkan observasi terhadap konten pada unggahan Instagram, wawancara mendalam dengan pengelola akun dan audiens terpilih yaitu pengikut akun Instagram, serta dokumentasi terkait kampanye. Teori kredibilitas sumber digunakan sebagai kerangka analisis dengan fokus kajian pada elemen keahlian (expertise), kepercayaan (trustworthiness) dan daya tarik (attractiveness) sebagai sumber informasi dalam membangun pengaruh persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas Bank Indonesia sebagai lembaga otoritatif berperan signifikan dalam membangun kepercayaan audiens terhadap pesan kampanye. Elemen keahlian diperkuat melalui penyampaian informasi secara edukatif, akurat dan relevan. Elemen kepercayaan dibangun melalui konsistensi pesan dan transparansi informasi. Elemen daya tarik komunikasi dibangun dengan visual yang menarik, narasi yang persuasif dan kolaborasi dengan influencer lokal untuk menjangkau lebih luas lagi segmentasi audiens. Disimpulkan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh sumber yang kredibel memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Rupiah.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si ; Ilham Havifi, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, kredibilitas sumber, Bank Indonesia, Cinta Bangga Paham Rupiah, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:21
Last Modified: 16 Apr 2025 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492997

Actions (login required)

View Item View Item