Pebi, Handayani (2025) TRANSFORMASI POLA BERDAGANG DI PASAR GROSIR AUR KUNING DI ERA E-COMMERCE (Studi Kasus : 3 Toko di Pasar Grosir Aur Kuning di Kota Bukittinggi). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Sampul dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (603kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I fix.pdf - Published Version Download (639kB) |
![]() |
Text (Bab V Penutup)
BAB V fix.pdf - Published Version Download (222kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version Download (353kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Febyyyy (4).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pebi Handayani. 201081008. Departemen Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2025. Judul “Transformasi Pola Berdagang Pasar Grosir Aur Kuning di Era E-Commerce (Studi Kasus : 3 Toko Grosir Aur Kuning di Kota Bukittinggi)”, Pembimbing I Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Efendi dan Pembimbing II Drs. Edi Indrizal, M.Si. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemajuan dunia digital yang menghadirkan E-Commerce sebagai sebuah jaringan belanja online. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada dunia perdagangan apalagi bagi pasar yang memiliki sistem kovensional atau melayani secara tatap muka. Kemunculan platform e-commerce mulai mengubah cara pandang dan tingkah laku seseorang dalam berbelanja dan memasarkan dagangannya. Khususnya para pedagang yang mulai beradaptasi dengan penggunaan platform e-commerce dan memunculkan inovasi serta strategi baru agar tetap eksis dan tidak ketinggalan zaman. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk transformasi pola berdagang di pasar Grosir Aur Kuning Bukittinggi semenjak kehadiran e-commerce dan mengidentifikasi apa saja hal yang menjadi tantangan serta peluang yang didapatkan dalam adaptasi penggunaan platform e-commerce. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian kualitatif studi kasus pada informan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Temuan penelitian ini adalah kehadiran e-commerce sebagai jaringan belanja online membawa perubahan yang signfikan dalam sistem perdagangan, yang dahulu antara pedagang dan konsumen melakukan transakasi jual beli secara langsung namun saat ini mulai beralih mengunakan aplikasi e-commerce dalam perdagangan. Dalam hal ini aplikasi yang umumnya digunakan oleh pedagang untuk memasarkan produknya adalah TikTokshop dan Shopee selain itu pedagang juga memanfaatkan Instagram, Facebook dan WhatsApp. E-Commerce tidak hanya mengubah metode berdagang di Pasar Aur Kuning namun juga metode pembayaran yang di mana dilakukan pada aplikasi dengan cara menggunakan m-banking atau saldo yang disimpan pada aplikasi belanja online tersebut. Perdagangan dengan menggunakan e-commerce mempunyai tantangan tersendiri bagi pedagang grosir aur kuning yaitu kesulitan beradaptasi, bahkan mendapat pembeli dari aplikasi tersebut. Para pedagang yang menggunakan fitur live streaming juga kesulitan untuk mendapatkn viewer, namun dibalik itu pedagang Aur Kuning yakin dengan peluang yang muncul jika pintar melakukan perdagangan online. Kata Kunci : Transformasi, E-commerce, Pola Berdagang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:44 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |