EVALUASI EFEKTIVITAS TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA ORGANISASI NIRLABA (STUDI KASUS PADA KOALISI PEREMPUAN INDONESIA SUMBAR)

Ahmad, Satriadi (2019) EVALUASI EFEKTIVITAS TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA ORGANISASI NIRLABA (STUDI KASUS PADA KOALISI PEREMPUAN INDONESIA SUMBAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V - Penutup.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI AKUNTANSI - FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan suatu organisasi membutuhkan pengendalian dan kontrol yang baik, sistem pengendalian internal dapat diterapkan untuk suatu organisasi nirlaba dalam menjamin tingkat pengendalian setiap divisi berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Sistem pengendalian internal bertujuan untuk menciptakan suatu proses yang terintegrasi terhadap semua komponen yang terkait dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan guna menilai sejauh mana organisasi Koalisi Perempuan Indonesia menerapkan sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan kegiatan organisasi dan bagaimana pengaruh sistem pengendalian internal yang telah diterapkan pada perkembangan organisasi. Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk memahami bagaimanasebuah organisasi nirlaba mengaplikasikan prosedur pada sistem pengendalian internal. Teknik analisis data pada penelitian ini dimulai dengan melakukan survey pendahuluan pada organisasi Koalisi Perempuan Indonesia hingga melakukan evaluasi atas implementasi sistem pengendalian internal yang terjadi di Koalisi Perempuan Indonesia. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal Koalisi Perempuan Indonesia cukup baik untuk sebuah organisasi nirlaba namun masih belum cukup efektif dikarenakan adanya beberapa kekurangan atau risiko yang muncul pada beberapa aktivitas pengendalian seperti kebijakan perihal sumber daya manusia, sistem informasi akuntansi yang belum memadai, dan kurangnya sistem keamanan terhadap pengendalian fisik atas aktiva dan catatan-catatan penting organisasi. Kata kunci: Organisasi Nirlaba, Sistem Pengendalian Internal, Koalisi Perempuan Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Amsal Djunid, M.Bus, Ak.,CA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Jul 2019 12:24
Last Modified: 29 Jul 2019 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48994

Actions (login required)

View Item View Item