Siti, Khalisha Muttakia Hardy (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE TERPADU PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (387kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (323kB) |
![]() |
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version Download (284kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Antenatal care (ANC) merupakan pelayanan untuk ibu hamil dalam upaya menjaga kesehatan ibu dan bayi dan mengurangi risiko komplikasi saat kehamilan dan persalinan dengan mendeteksi dini masalah dan risiko tinggi. Pada tahun 2022, cakupan K1 dan K4 ANC Puskesmas Ambacang menempati posisi yang cukup tinggi, namun terdapat tiga kematian ibu di wilayah kerja Puskesmas Ambacang. Efektivitas dan kualitas ANC di tidak hanya berdasarkan jumlah kunjungan, tetapi juga berbagai aspek, yaitu input, proses, dan output, serta kepuasan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pelaksanaan pelayanan ANC di Puskesmas Ambacang dengan meninjau aspek input, proses, output, dan kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perspektif studi kasus dan menghasilkan data deskriptif berupa gambaran dan kata-kata tertulis dari wawancara mendalam terhadap informan serta perilaku yang diobservasi, juga telaah dokumen. Informan yang diwawancara pada penelitian ini sebanyak 12 orang. Komponen input sudah sesuai standar dengan sumber daya manusia yang memadai, baik dari kualitas dan kuantitasnya. Dana pelayanan dari BOK, APBD, dan BLUD. Sarana dan prasarana sudah layak, namun terdapat kendala pada luas ruangannya. Terdapat SOP pelayanan yang mengacu pada kebijakan dan standar pelayanan minimal. Komponen proses sudah berjalan dengan baik dan melaksanakan pelayanan 10T, namun pencatatan kunjungan pelayanan belum maksimal. Komponen output berupa angka cakupan K1–K4 yang mengalami penurunan dan berada dibawah target nasional. Secara garis besar, ibu hamil sudah merasa sangat puas dengan aspek SERVQUAL pelayanan yang diberikan. Secara keseluruhan, pelayanan ANC di Puskesmas Ambacang berjalan dengan baik, namun perlu mengoptimalkan proses pencatatan angka kunjungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | dr. Husna Yetti, PhD |
Uncontrolled Keywords: | Antenatal care, kualitas pelayanan, Puskesmas Ambacang |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:50 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |