Yasmin, Azzahra (2024) Analisis Komunikasi Politik Rahmat Saleh Dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT YASMIN AZZAHRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam mengikuti kontestasi politik tidak terlepas dengan adanya komunikasi politik. Komunikasi politik merupakan pesan-pesan politik yang disampaikan komunikator kepada komunikan untuk menarik simpatisan. Pada tahun 2024 telah diadakan Pemilihan umum legislatif yang dilaksanakan serentak di Indonesia. Rahmat Saleh merupakan calon kandidat yang berasal dari Dapil I Sumatera Barat berhasil memperoleh suara sebanyak 67.522 suara. Kemenangan Rahmat Saleh ini diindikasikan karena gaya komunikasi politik yang dimilikinya sangat sederhana dan terukur. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis komunikasi politik Rahmat Saleh dalam pemilu tahun 2024. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Politik menurut Laswell dan Teori bentuk komunikasi politik menurut Arifin Anwar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan mengggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan etik dan emik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi politik yang dilakukan oleh Rahmat Saleh sudah memenuhi unsur-unsur komunikasi politik yaitu Who says, Rahmat Saleh sebagai komunikator politik. What in, pesan-pesan yang disampaikan terkait dengan branding, kesadaran politik, dan sumbar cerdas. Which channel, media yang digunakan adalah media sosial dan media baliho. To whom, target penerima pesan-pesan politik yaitu generasi milenial dan gen z dan What effect, efek yang didapatkan dari komunikasi politik Rahmat Saleh itu sendiri terbukti dengan tersampaikannya pesan-pesan politik ke masyarakat. Sementara bentuk komunikasi politik yang dilakukan oleh Rahmat Saleh yaitu kampanye politik yaitu kegiatan politik yang dilakukan Rahmat Saleh untuk mendapatkan dukungan suara dengan melakukan kunjungan-kunjungan di beberapa titik pertemuan. Retorika politik, gaya atau seni bicara yang digunakan Rahmat Saleh yang persuasif. Public relations, adanya hubungan baik yang terjalin antara Rahmat Saleh , tokoh-tokoh adat, dan masyarakat Serta penggunaan media massa yaitu media yang digunakan Rahmat Saleh dalam komunikasi politik ini adalah media sosial dan baliho.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Indah Adi Putri, S.IP, M.IP |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik, Pemilihan Umum, Media Sosial |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:15 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/487438 |
Actions (login required)
View Item |