Kompetensi Aparatur Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya

Jonnedy, Afra Yenggi (2024) Kompetensi Aparatur Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas aparatur birokrasi berperan penting dalam mewujudkan harapan masyarakat dalam peningkatan pelayanan publik. Pelayanan publik yang berkualitas berkaitan dengan sumber daya aparatur yang mempunyai kompetensi yang mumpuni dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Aparatur yang kompeten diperlukan untuk dapat mengelola organisasi seoptimal mungkin sehingga berdampak terhadap kinerja maksimal, dimana kinerja sesuai dengan standar organisasi yang ditetapkan dan tidak semata-mata mengejar pencapaian produktivitas tetapi juga memperhatikan proses dalam pencapaian kinerja serta menciptakan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori kompetensi dari Christopher Hood dan Martin Lodge yang terdiri dari variabel hukum pada aspek sumber hukum dan standar pelayanan kemudian variabel nonhukum pada aspek kapasitas individu dan kapasitas kelompok atau organisasi. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur dalam pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dharmasraya kurang kompeten. Hal ini karena masih terdapat beberapa aspek individu yang belum berjalan secara optimal. Kemudian aspek kelompok atau organisasi perlu ditingkatkan sebagai motivasi aparatur dalam bekerja dan memaksimal kompetensi yang dimiliki dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA ; Dr. Desna Aromatica, M.AP
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Aparatur; Administrasi Kependudukan; Pelayanan Publik; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Kabupaten Dharmasraya.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:32
Last Modified: 22 Jan 2025 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486554

Actions (login required)

View Item View Item