ELVIRHA DWI, KARTIKA (2025) DETERMINAN KEPUASAN PENGGUNA E-FILING DALAM PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK (SPT) TAHUNAN (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi KPP Pratama Bengkulu Satu). S2 thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (511kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penerimaan pajak merupakan kontribusi wajib yang diberikan oleh individu atau badan kepada negara dan digunakan untuk kepentingan negara demi kemakmuran rakyat. Salah satu sistem yang digunakan oleh pemerintah Indonesia dalam pengumpulan pajak adalah sistem self-assessment, yang menuntut wajib pajak untuk menghitung dan menyetorkan pajak mereka secara mandiri. Untuk mendukung hal ini, Direktorat Jenderal Pajak mengimplementasikan sistem e-filing sebagai sarana penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara elektronik. Terdapat tantangan terdapat sejumlah tantangan dalam hal adopsi dan penggunaan, terutama di KPP Pratama Bengkulu Satu, di mana jumlah wajib pajak yang melaporkan SPT menggunakan e-filing masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna e-filing, dengan mempertimbangkan lima faktor utama: kepercayaan wajib pajak, sikap perilaku wajib pajak, persepsi kemudahan, kualitas sistem, dan kualitas informasi. Penelitian ini juga berfokus pada tantangan yang dihadapi oleh wajib pajak dalam penggunaan e-filing dan mencari solusi untuk meningkatkan tingkat kepuasan pengguna. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data yang diperoleh dari kuesioner. Metode penelitian menggunakan convenience sampling dengan sampel minimal 50 responden berdasarkan panduan 10 times rule of thumb. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Warp Partial Least Square (PLS) 7.0 menguji hipotesis dan mengelola data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, sikap perilaku, dan persepsi kemudahan kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing. Kepercayaan yang tinggi terhadap sistem e-filing meningkatkan kepuasan, sejalan dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kepercayaan dalam penerimaan teknologi. Sikap positif wajib pajak dan persepsi kemudahan juga berkontribusi pada kepuasan pengguna. Sementara kualitas sistem berpengaruh, dampaknya lebih lemah dibandingkan faktor lainnya, dan kualitas informasi berperan dalam meningkatkan kepuasan meskipun dengan pengaruh yang lebih kecil. Kontribusi penelitian ini terletak pada pembuktian bahwa faktor-faktor tersebut, yang mencakup kepercayaan, sikap perilaku, kemudahan penggunaan, serta kualitas sistem dan informasi, merupakan determinan penting dalam penerimaan dan kepuasan pengguna terhadap sistem e-filing, serta memberikan implikasi bagi pengembangan sistem situs pemerintah/ e-goverment yang lebih efisien dan ramah pengguna.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Aries Tanno, SE.,M.Si., Ak, CA |
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan; Sikap Perilaku Wajib Pajak; Persepsi Kemudahan; Kualitas Sistem; Kualitas Informasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Akuntansi |
Depositing User: | s2 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:12 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486320 |
Actions (login required)
View Item |