imam, ridho alfajri (2024) PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PADA KELUARGA PEDAGANG (Studi Kasus : Keluarga Pedagang di Pasar Kota Payakumbuh). S1 thesis, universitas andalas.
Text (cover&abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (797kB) |
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (449kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Draft Version Download (305kB) |
|
Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Minangkabau merupakan etnis yang bersal dari Sumatera Barat, Minangkabau sendiri juga terkenal dengan perdagangannya. Dengan budaya kolektivitas Minangkabau cenderung dituntut untuk saling membantu dengan pemberian modal baik berupa materi maupun modal sosial terutama dalam keluarganya. Dalam hal ini para pedagang Minang akan memberikan modal sosial melalui penerapan nilai-nilai kewirausahaan. Dengan penerapan-nilai kewirausahaan yang terjadi dalam keluarga pedagang diharapkan anak pedagang kelak mampu untuk menjadi seorang pedagang yang memiliki nilai kepemimpinan, percaya diri, berorientasi pada masa depan, berorientasi pada nilai dan hasil, berani mengambil resiko dan inovatif. Penerapan nilai-nilai kewirausahaan itu sendiri terjadi ketika anak terlibat langsung dalam kegiatan berdagang orang tuanya. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran keluarga dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan dalam keluarga pedagang.Mengidentifikasi bentuk-bentuk kendala dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan yang terjadi dalam keluarga pedagang. Penelitian ini menggunakan teori pengambilan peran (role-taking) dari George Herbert Mead. Pendekatan pada penelitian yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menggambarkan penerapan nilai-nilai kewirausahaan dalam keluarga pedagang yaitu peran orang tua dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan dan kendala dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan. Peran orang tua dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan dapat memberi nilai kepemimpinan, percaya diri, berorientasi pada masa depan, berorientasi pada nilai dan hasil, berani mengambil resiko dan inovatif. Kendala yang harus dihadapi orang tua dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan adalah tingkat pendidikan orang tua, kurangnya interaksi orang tua dan anak dan ketertarikan anak dalam berdagang. Dalam penerapan nilai-nilai kewirausahaan didapatkan melalui keterlibatan anak dalam perdagangan bersama orang tua mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485979 |
Actions (login required)
View Item |