Shaquila, Dania Putri (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berdonasi Mahasiswa Muslim di Sumatera Barat melalui Platform Urun Dana (Crowdfunding) berbasis Daring. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text (Tesis fulltext)
tesis_fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang — Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal berdonasi. Masyarakat yang sebelumnya lebih mengandalkan metode tradisional seperti penggalangan dana langsung atau sumbangan melalui lembaga-lembaga sosial kini mulai beralih ke platform crowdfunding online. Platform ini menawarkan kemudahan akses serta efisiensi dalam menggalang dan menyalurkan dana. Di Indonesia, tren penggunaan platform crowdfunding semakin meningkat seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk berkontribusi pada berbagai kampanye sosial, kemanusiaan, maupun usaha bisnis rintisan. Namun, meskipun potensi platform ini besar, masih terdapat kekhawatiran di kalangan masyarakat terkait isu transparansi dan keamanan dana yang disalurkan. Tujuan — Studi ini menguji pengaruh empati, persepsi kredibilitas, kualitas interaksi, kualitas website, kenyamanan bertransaksi, dan religiusitas sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Muslim di Sumatera Barat. Metode — Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei kuesioner, yang disebar secara online menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim tingkat sarjana di Sumatera Barat dengan total 493 responden. Penelitian ini menjalankan analisis Structural Equation Model (SEM) Partial Least Squares (PLS). Hasil — Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa muslim di Sumatera Barat memiliki minat yang tinggi untuk berdonasi melalui platform crowdfunding online, menunjukkan bahwa mereka sudah akrab dengan aktivitas donasi di platform tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat berdonasi mahasiswa muslim di Sumatera Barat melingkupi empati, persepsi kredibilitas, kualitas interaksi, kualitas website, dan religiusitas. Kontribusi—Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur yang ada serta memberikan wawasan baru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Muslim di Sumatera Barat untuk berdonasi melalui platform crowdfunding online. Penelitian ini mengadaptasi temuan-temuan dari penelitian sebelumnya, namun difokuskan pada populasi yang lebih spesifik, yaitu mahasiswa Muslim di Sumatera Barat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Vima Tista Putriana, SE, Ak, M.Sc., CA, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | minat berdonasi, theory of planned behavior, mahasiswa muslim, tingkat sarjana, Sumatera Barat, crowdfunding |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Akuntansi |
Depositing User: | s2 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 04:53 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 04:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485368 |
Actions (login required)
View Item |