EFEKTIVITAS SUPLEMEN KOMBINASI ZINC DA MAGNESIUM TERHADAP PENDERITA GINGIVITIS PASCA SCALING AND ROOT PLANING (Tinjauan Klinis : Bleeding on Probing dan Gingival Index)

Dyana, Putri (2019) EFEKTIVITAS SUPLEMEN KOMBINASI ZINC DA MAGNESIUM TERHADAP PENDERITA GINGIVITIS PASCA SCALING AND ROOT PLANING (Tinjauan Klinis : Bleeding on Probing dan Gingival Index). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover .pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustakaa)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Gingivitis adalah inflamasi pada gingiva yang penyebab utamanya adalah akumulasi plak dental. Bakteri pada plak mengeluarkan toksin yang dapat memicu inflamasi pada gingiva dan diproduksinya sitokin proinflamasi. Salah satu upaya efektif untuk perawatan dan pencegahan gingivitis adalah intial terapi secara mekanis dengan scaling and root planing dan kimiawi dapat dengan pemberian suplemen yang memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Zinc dan magnesium saling memiliki keterkaitan agar dapat memberikan terapi intial kimiawi pada gingivitis untuk mempercepat proses penyembuhan. Tujuan: Mengetahui tingkat efektivitas suplementasi kombinasi zinc dan magnesium pada penderita gingivitis pasca scaling and root planing. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan rancangan pretest and posttest control group design. Penelitian dilakukan pada 24 subjek yang mengalami gingivitis ringan dan sedang. Masing-masing subjek diukur tingkat bleeding on probing dan gingival index kemudian dilakukan scaling and root planing. Subjek diinstruksikan untuk mengonsumsi suplemen kombinasi zinc dan magnesium selama empat belas hari. Kemudian subjek diukur kembali tingkat bleeding on probing dan gingival indexnya dan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil: Analisis uji T berpasangan menunjukkan bahwa terdapat penurunan tinjauan klinis gingivitis yaitu bleeding on probing dan gingival index sebelum dan setelah diberi perlakuan (p<0.05). Kesimpulan: Suplemen kombinasi zinc dan magnesium merupakan akselator pada terapi penunjang yang membntu kalsium untuk menurunkan parameter klinis bleeding on probing dan gingival index penderita gingivitis pasca scaling and root planing setelah dikonsumsi selama empat belas hari. Kata kunci: Efektivitas, Suplemen Kombinasi, Zinc, Magnesium, Gingivitis, Bleeding on Probing, Gingival Index, Scaling and Root Planing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 26 Jul 2019 11:21
Last Modified: 26 Jul 2019 11:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48344

Actions (login required)

View Item View Item