Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Coffee Shop Kelokopi di Kota Batusangkar

Fernanda, Arnelya T (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Coffee Shop Kelokopi di Kota Batusangkar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bisnis coffee shop telah berkembang secara luas di Kota Batusangkar. Coffee shop Kelokopi merupakan salah satu coffee shop dengan layout unik yang sudah berdiri selama lima tahun di Kota Batusangkar. Kelokopi dihadapkan dengan persaingan bisnis kedai kopi dan memiliki pendapatan yang berfluktuasi sehingga pengelola coffee shop perlu mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumennya agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen pada coffee shop Kelokopi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 72 responden yang merupakan konsumen coffee shop Kelokopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Kelokopi didominasi oleh konsumen berjenis kelamin laki-laki sebanyak 43 orang, sebagian besar berusia dewasa awal (19-24 tahun), pendidikan terakhir sekolah menengah atas (SMA), pekerjaan pelajar/mahasiswa, sebagian besar memiliki pendapatan >Rp 500.000 – 1.500.000 perbulan dan berdomisili di Kota Batusangkar. Hasil Importance Performance Analysis menjelaskan bahwa rata-rata tingkat kepentingan mencapai nilai 4,14 yang berarti penting dan rata-rata tingkat kinerjanya mencapai nilai 4,04 yang artinya secara keseluruhan dinilai baik oleh konsumen. Indikator kinerja yang kurang memuaskan bagi konsumen yaitu porsi makanan dan minuman yang dinilai sedikit terutama minuman yang menggunakan gelas plastik serta indikator ketersediaan papan nama yang dinilai berada dibawah batas ambang absolut sehingga kurang menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, pihak coffee shop Kelokopi harus memperbaiki kedua indikator ini untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Sedangkan hasil Customer Satisfaction Index mencapai 0.812 dengan makna bahwa indikator keseluruhan coffee shop Kelokopi sangat memuaskan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Widya Fitriana, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Coffee shop Kelokopi, Kepuasan Konsumen, Kopi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:49
Last Modified: 12 Nov 2024 04:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483302

Actions (login required)

View Item View Item