Febriyanti, Nursya (2019) ANALISIS SEGMENTASI DAN PENENTUAN TARGET PASAR PELANGGAN INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrack)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (36kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full Text)
Full Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Angka kunjungan pasien yang berobat di RS Unand masih rendah tidak sebanding dengan sumber daya rumah sakit yang ada. Tujuan umum penelitian ini adalah dapat mengetahui segmentasi dan penentuan target pasar pelanggan dalam upaya meningkatkan kunjungan pasien instalasi rawat jalan ke RS Unand. Penelitian ini merupakan penelitian mixmethod dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan survei terhadap 103 responden. Sedangkan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap lima informan. Hasil analisis univariat menunjukkan segmentasi geografi pasien RS Unand berasal dari Kecamatan Pauh (47,6%) dan Kota Padang (85,4%). Segmentasi demografi pasien rata-rata usia 38 tahun dengan variasi 15,53 tahun, sebagian besar pelanggan adalah wanita (63,1%), berpendidikan SLTA (49,5%), pelajar/mahasiswa (27,2%), berpenghasilan kurang dari dua juta perbulan (60,2%) dan berstatus menikah (59,2%). Dan segmentasi psikografi menunjukkan pelanggan memperoleh informasi terbanyak melalui teman/keluarga (58,3%). Sedangkan segmentasi prilaku menunjukkan pelanggan mayoritas datang ke RS dalam tiga sampai enam bulan terakhir (41,7%) dengan frekuensi lebih dari empat kali (40,8%) dan menggunakan asuransi (87,4%). Hasil analisis multivariat berupa analisis klaster terbentuk kelompok-kelompok klaster. Segmen psikografi yaitu terbentuk klaster peduli kuratif sebanyak 87 responden (84,5%) dan terbentuk klaster peduli preventif sebanyak 16 responden (15,5%). Sedangkan segmen prilaku terbentuk klaster pelayanan baik sebanyak 52 responden (50,5%) dan terbentuk klaster biaya murah sebanyak 51 responden (49,5%). Dari penelitian dapat disimpulkan diantara empat klaster yang terbentuk yang menjadi target pasar utama RS Unand saat ini adalah pelanggan dengan segmen peduli kuratif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Hardisman, M.HID, Dr.PH (Med) Dr.dr Rima Semiarty, MARS |
Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Target Klaster |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 08:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48320 |
Actions (login required)
View Item |