Pengaruh Pemasaran Digital Dan Inovasi Penggunaan Teknologi Yang Disruptif Terhadap UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Payakumbuh

Yetika, Febrianti (2024) Pengaruh Pemasaran Digital Dan Inovasi Penggunaan Teknologi Yang Disruptif Terhadap UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Payakumbuh. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI TIKA FULL1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemasaran digital saat ini telah menjadi aspek penting dalam berbagai bidang usaha, termasuk pemasaran UMKM makanan dan minuman di Kota Payakumbuh. Pada pemasaran digital, inovasi teknologi disruptif menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya saing dipasar yang kompetitif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perubahan pemasaran dari tradisional ke digital, inovasi pemasaran, dan peran teknologi disruptif dalam operasional UMKM makanan dan minuman di Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data diolah menggunakan software Nvivo 12. Informan penelitian adalah pelaku UMKM makanan dan minuman di Kota Payakumbuh sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan empat indikator utama: perbedaan sebelum dengan setelah menggunakan pemasaran digital, tantangan dan permasalahan pemasaran digital, inovasi teknologi, dan teknologi disruptif, yang dibagi menjadi tiga belas sub indikator: jangkauan pasar, biaya promosi, interaksi dengan pelanggan, memaksimalkan pemasaran, meningkatkan penjualan, ide konten, konsistensi konten, persaingan konten promosi, rasa penasaran konsumen, mempertahankan reputasi online, media sosial, influencer marketing, dan platform pesan antar makanan dan minuman. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM yang lambat beradaptasi berisiko tertinggal dalam persaingan pasar yang semakin ketat, sementara yang mengadopsi strategi ini dapat bertahan dan berkembang di era teknologi yang terus berubah. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Inovasi, Teknologi, Teknologi Disruptif, UMKM, Makanan dan Minuman

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Yindrizal,S.E, MM
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Inovasi, Teknologi, Teknologi Disruptif, UMKM, Makanan dan Minu
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:24
Last Modified: 06 Nov 2024 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481436

Actions (login required)

View Item View Item