Arratutania, Flowrensyia Puteri (2024) Pemanfaatan Modal Sosial Sales Dalam Mempertahankan Pelanggan Di PT. Padang Distribusindo Raya Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PT. Padang Distribusindo Raya merupakan distributor dari Wings yang bergerak di bidang barang harian. Perusahaan ada tim khusus dalam penjualan produk yaitu sales, sales menjual produknya tentu ada hal yang harus dilakukannya seperti memanfaatkan modal sosial yang mereka punya untuk bisa menjual produk dan mempertahankan pelanggannya dalam persaingan produk barang harian lainnya. Tujuan umum penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan modal sosial sales dalam mempertahankan pelanggan di PT. Padang Distribusindo Raya Kota Padang. Dan tujuan khusus mendeskripsikan kepercayaan, jaringan, norma yang dipergunakan sales dalam mempertahankan pelanggan di PT. Padang Distribusindo Raya Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling serta dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah teori modal sosial Robert Putnam. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan modal sosial kepercayaan, jaringan dan norma. Sales memanfaatkan kepercayaan untuk memperkenalkan dirinya, cara memperkenal diri dengan baik sebagian penting dari kepercayaan awal kepada pelanggan, sales memperkenalkan produk dari PT. PDR lalu memberikan informasi terkait produk diskon dan produk terbaru, menggunakan kepercayaan untuk menepati janji pada pelanggan sa les berjanji datang ke toko ternyata ada urusan mendadak agar tidak kecewa sales akan menelfon pelanggan terlebih dahulu untuk kalender sales selalu memberikan setiap tahun baru minimal satu pertoko, mendengarkan keluhan pelanggan dan produk dibeli pelanggan namun tidak terjual karena sales bisa memberikan solusi terkait masalah pelanggan maka semakin kuat kepercayaan pelanggan terhadap sales. Jaringan Sosial di dalamnya terdapat saat sales mancari pelanggan, agar pelanggan tetap bertransaksi untuk mencapai target penjualan sales dan produk yang tidak dibeli pelanggan adanya jaringan sales bisa mencapai target dan pelanggan mendapatkan produk yang diinginkanya. Norma sangat penting dalam modal sosial, karena adanya norma kepercayaan dan jaringan berjalan dengan baik. Norma mengikat kepercayaan dan jaringan digunakan untuk sistem pembayaran produk terbagi dua yaitu tunai dan berhutang, sanksi tidak melakukan pembayaran dan untuk memberikan fasilitas berhutang dan diskon kredit diberikan waktu selama dua belas hari diskon terbagi dua yang pertama diskon reguler program dari perusahaan, kedua diskon promo sesuai dengan tipe toko dan toleransi telat pembayaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Azwar, M.Si Drs. Ardi Abbas, MT |
Uncontrolled Keywords: | Modal sosial, Sales, PT. Padang Distribusindo Raya. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 07:07 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480835 |
Actions (login required)
View Item |