Syafni, Nola Putri (2024) KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TPQ/TPA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi kasus TPQ Jannatul Mukmin Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Penutup dan Kesimpulan)
Penutup kesimpulan saran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi komunikasi yang baik diperlukan agar proses belajar mengajar guru dan murid dapat berlangsung dengan baik. Pendidikan agama, khususnya di TPQ dan TPA berperan penting dalam membentuk karakter dan pemahaman agama pada anak-anak. TPQ/TPA merupakan lembaga pendidikan non-formal yang fokus pada pengajaran agama berdasarkan alquran dan sunah.Tesis ini membahas tentang kompetensi komunikasi guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses komunikasi guru TPQ dengan santri dalam pembelajaran dan juga menganalisis kompetensi komunikasi guru TPQ dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus,wawancara mendalam dengan guru dan santri TPQ dan dokumentasi. Penggunaan teori komppetensi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi guru dengan santri dalam proses pembelajaran menjadikan guru sebagai kunci keberhasilan dengan pengunaan berbagai strategi pembelajaran dan peran media pembelajaran. Sehingga terjalin kedekatan guru dengan santri tidak hanya saat di dalam kelas yang melahirkan penerimaan santri terhadap metode pembelajaran berupa penerimaan positif dan negatif di tengah Tantangan yang dihadapi TPQ Jannatul Mukmin Kota Padang dalam proses belajar mengajar Kompetensi komunikasi guru TPQ dalam proses belajar mengajar menekankan pada motivasi guru dalam meningkatkan semangat belajar santri dengan kualifikasi yang memadai dalam pembelajaran interaktif melalui permainan dan bilingualisme.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ernita Arif. M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479844 |
Actions (login required)
View Item |