Surya, Rezki Admanda (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA CUTESTORETWINS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (315kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN(1).pdf - Published Version Download (774kB) |
|
Text (Full Text Skripsi)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Fashion brand local akan berkembang dengan pesat didukung juga dengan pertumbuhan sebesar 17,5% konsumen Indonesia yang beralih menjadi pelanggan di e-commerce pada tahun 2021. Berdasarkan hal tersebut, brand local fashion ini sangat berpotensi untuk dikembangkan oleh UMKM yang ada di Indonesia. Cutestoretwins merupakan salah satu UMKM brand local fashion yang berada di Kota Padang. Cutestoretwins berfokus pada penjualan brand local fashion yaitu fashion tas dan berfokus melakukan penjualan dengan sistem e-marketing. Permasalahan yang sedang dialami oleh UMKM ini adalah penjualan yang tidak stabil yang terkadang penjualan meningkat dan terkadang menurun setiap bulannya. Tidak stabilnya penjualan UMKM ini sangat dipengaruhi oleh e-marketing. Selain permasalahan tidak stabilnya penjualan UMKM Cutestoretwins juga mengalami persaingan yang ketat pada e-commerce Shopee dan Tiktokshop. Berdasarkan permasalahan – permasalahan yang sedang dialami oleh UMKM Cutestoretwins ini perbaikan yang harusnya dilakukan oleh UMKM ini adalah perbaikan pada strategi pemasaran digital. Pengoptimalam strategi pemasaran pada penelitian tugas akhir ini menggunakan metode SWOT, digital marekting mix 7P dan metode QSPM sehingga harapannya dengan menerapkan metode tersebut dapat meningkatkan penjualan tas laptop pada UMKM brand local fashion Cutestoretwins. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk UMKM Cutestoretwins serta mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang telah diidentifikasi agar dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM Cutestoretwins. Perumusan strategi tersebut dimulai dengan menentukan visi dan misi, melakukan analisis pada faktor eksternal dan faktor internal UMKM Cutestoretwins. Selanjutnya dilakukan penentuan bobot dan peringkat terhadap faktor eksternal dan faktor internal yang telah didapatkan, serta melakukan penentuan untuk prioritas tertinggi dalam strategi. Setelah itu dilakukan analisis SWOT, kemudian dilakukan tahapan perumusan strategi yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap input (matriks IFE dan Matriks EFE), tahap pencocokan (matriks SWOT dan matriks IE) dan yang terakhir yaitu tahap keputusan (metode QSPM). Hasil matriks IE menunjukkan bahwa posisi UMKM Cutestoretwins berada pada sel II yang artinya UMKM Cutestoretwins dalam keadaan tumbuh dan berkembang. Strategi yang dapat dilakukan oleh UMKM Cutestoretwins berdasarkan hasil matriks SWOT yaitu strategi intensif dan strategi integrasi. Setelah dilakukan perhitungan QSPM, didapatkan bahwa strategi prioritas yang dapat dijalankan oleh UMKM Cutestoretwins yaitu, memperluas jangkauan konsumen dengan meningkatkan jumlah followers instagram dan tiktok , menggunakan Tiktok Ads, menambah channel penjualan baru di e-commerce seperti tokopedia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Eng. Ardhian Agung Yulianto, S.Kom., M.T |
Uncontrolled Keywords: | Brand Local, E-marketing Mix 7P, SWOT, UMKM, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477864 |
Actions (login required)
View Item |