PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI TEMPAT PRAKTIK KERJA LAPANGAN SISWA SMK MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (STUDI KASUS: SMK NEGERI 2 KECAMATAN GUGUAK)

Isra, Muhammad Albi (2024) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI TEMPAT PRAKTIK KERJA LAPANGAN SISWA SMK MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (STUDI KASUS: SMK NEGERI 2 KECAMATAN GUGUAK). Diploma thesis, Fakultas Teknologi Informasi.

[img] Text (Cover & Abstrak)
1.Cover&Abstrak_MUHAMMAD ALBI ISRA _1711523005.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (Bab 1)
2.Bab 1_MUHAMMAD ALBI ISRA _1711523005.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 6)
3.Bab 6_MUHAMMAD ALBI ISRA _1711523005.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4.Daftar Pustaka_MUHAMMAD ALBI ISRA _1711523005.pdf - Published Version

Download (897kB)
[img] Text (Full Text)
5.LAPORAN TUGAS AKHIR_MUHAMMAD ALBI ISRA _17115213005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian dari kegiatan wajib yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kecamatan Guguak. Dalam praktik kerja lapangan di SMKN 2 Kec. Guguak ini masih ditemukannya ketidaksesuaian dalam memilih DU/DI dalam pelaksanaan PKL tersebut. Mulai dari ketidaksesuaian antara program keahlian dengan tugas tugas yang diberikan oleh DU/DI kepada siswa PKL, kemudian lingkungan kerja siswa yang tidak nyaman yang membuat siswa kurang produktif serta kurangnya dukungan dari pihak DU/DI dalam membimbing maupun mengikutsertakan siswa PKL dalam aktifitas produktif DU/DI. Sehingga, tujuan dari pelakasanaan PKL tersebut tidak tercapai secara keseluruhan. Sehingga dibutuhkan evaluasi dan rekomendasi tempat PKL yang sesuai agar dapat memberikan dampak yang baik kepada siswa saat melaksanakan PKL. Penilaian Rekomendasi ini diperoleh dengan menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Metode ini akan melakukan pengolahan penilaian berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan bobot yang ditetapkan dengan tujuan penilaian dari siswa-siswi yang telah selesai melaksanakan PKL terhadap DU/DI tempat PKL yang bersangkutan. Proses pengembangan sistem meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sekolah terkait dan survei terhadap siswa menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada siswa yang telah selesai melaksanakan PKL serta studi literatur terkait. Sistem diuji menggunakan metode black-box testing untuk memastikan fungsionalitas dan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK yang dikembangkan mampu memberikan rekomendasi tempat PKL yang lebih objektif dan sesuai dengan profil siswa. Sistem ini juga membantu pihak sekolah dalam proses penempatan siswa PKL secara lebih efektif berdasarkan evaluasi melalui penilaian secara langsung oleh siswa yang telah melaksanakan PKL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SPK, SMK, Rekomendasi, PKL, MAUT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:49
Last Modified: 21 Aug 2024 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477368

Actions (login required)

View Item View Item