Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying Siswa SMP di Kota Padang

Lutfiana, Putri (2024) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying Siswa SMP di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan untuk menyakiti dan merugikan orang lain, dapat dilakukan dengan menyakiti secara fisik, verbal, dan relasional. Masalah dalam pengendalian emosi menjadi salah satu penyebab siswa SMP melakukan tindakan bullying, hal ini juga berkaitan dengan perkembangan emosi mereka di masa remaja awal. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku bullying siswa SMP di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan analisis statistik berupa uji korelasi Spearman Rank’s. Responden pada penelitian ini berjumlah 348 siswa SMP di Kota Padang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Kecerdasan emosional diukur menggunakan alat ukur The Schutte Self Report Emotional Intelligence Test (SSEIT), dan perilaku bullying diukur menggunakan alat ukur yang dikonstruksi sendiri oleh peneliti berdasarkan teori bullying Olweus. Hasil analisis data dengan perhitungan korelasi diperoleh nilai signifikansi .000 (p < .05) dan nilai korelasi -.272. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang negatif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying siswa SMP di Kota Padang. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah perilaku bullying yang dimilikinya. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi perilaku bullying yang dimilikinya. Berdasarkan hasil analisis, diketahui juga bahwa kecerdasan emosional siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: bullying, kecerdasan emosional, siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:55
Last Modified: 19 Aug 2024 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475565

Actions (login required)

View Item View Item