PERANCANGAN ULANG PRODUK TAS LAPTOP BERDASARKAN ANALISA KEBUTUHAN KONSUMEN (Studi Kasus: Cutestoretwins Padang)

Rachman, Hadid Rezki (2024) PERANCANGAN ULANG PRODUK TAS LAPTOP BERDASARKAN ANALISA KEBUTUHAN KONSUMEN (Studi Kasus: Cutestoretwins Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
dapus.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (skripsi full text)
1910933003 Hadid Rezki Rachman - Draft Tugas Akhir Upload eskripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Globalisasi mendorong perubahan signifikan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk pada sektor ekonomi. Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi yang membawa kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses segala sesuatu yang diinginkan, sehingga hal tersebut mendukung pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, persaingan pasar menjadi sangat kompetitif semakin ketat, termasuk di sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya di bidang industri kreatif yang dituntut untuk terus berinovasi dalam segi produk, kemasan, dan harga. Cutestoretwins, sebuah UMKM yang berlokasi di Gunung Pangilun, Kota Padang, berfokus pada penyediaan produk-produk berkualitas seperti tas laptop, tas jinjing, dan aksesoris, dengan sasaran utama para pelajar. Meskipun mengalami penjualan yang substansial dalam demografi siswa, perusahaan menghadapi persaingan ketat di pasar. Untuk mengatasi hal tersebut, penetlitian ini bertujuan untuk mengembangkan tas laptop sesuai preferensi konsumen, sehingga dapat mendongkrak penjualan dengan memanfaatkan Metode Kano dan Design Thinking. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 11 kriteria yang perlu diperbaiki berdasarkan voice of customer, kriteria ini adalah atribut dari hasil perhitungan menggunakan Metode Kano yang kemudian divisualisasikan ke dalam scatter diagram. Melalui proses design thinking didapatkan dua alternatif tas yang dikembangkan dengan desain yang sudah memenuhi seluruh kebutuhan konsumen berdasarkan kuesioner yang disebarkan dan biaya produksi yang dibutuhkan untuk alternatif 1 sebesar Rp85.852 sebesar sedangkan alternatif 2 sebesar Rp108.412. Kedua alternatif ini akan diserahkan kepada pihak Cutestoretwins untuk memilih rancangan yang paling sesuai dan mampu direalisasikan berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangan masing-masing alternatif dan biaya produksinya. Hasil tahap testing pada penelitian ini adalah konsumen Cutestoretwins melaui survei lebih memilih desain alternatif yang kedua dibandingkan dengan desain alternative pertama. Konsumen sebagian besar berasal dari Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil survei, konsumen menyatakan setuju dengan desain alternatif tas laptop yang dipilih, yaitu desain dengan saku di luar. Selain itu, mereka juga menerima harga jual sebesar Rp 220.000. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai tas laptop yang multifungsi meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan produk sebelumnya, asalkan kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri S. T.,M. T
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Metode Kano, Perancangan Produk, Tas Laptop
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:47
Last Modified: 16 Aug 2024 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475148

Actions (login required)

View Item View Item