Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Pembagian Dividen Tunai pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Bursa Efek Indonesia Tahun 2018

Alfajri, Prima Novel (2019) Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Pembagian Dividen Tunai pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Bursa Efek Indonesia Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Referensi)
Daftar Referensi.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar pada sekitar hari pengumuman pembagian dividen tunai kepada pemegang saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan kriteria perusahaan yang terdaftar di JII yang membagikan dividen tahun 2018 yang dibagi menjadi 3 kategori informasi dividen, yaitu kenaikan, konstan/tetap, dan penurunan dividen.. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 30 Perusahaan dengan 21 perusahaan mengalami kenaikan dividen, 2 perusahaan dengan dividen konstan/tetap, dan 7 perusahaan mengalami penurunan dividen. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 24 dan Microsoft Office Excel 365. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi reaksi pasar yang searah dengan informasi pembagian dividen, (2) Secara jangka panjang, pasar tidak memberikan reaksi yang searah terhadap berita baik/buruk dividen, dan (3) Pasar memberikan reaksi ditinjau dari volume perdagangan saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M. Fany Alfarisi, SE., MS.Fin, PhD
Uncontrolled Keywords: Reaksi Pasar, Dividen, Jakarta Islamic Index
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 23 Jul 2019 12:11
Last Modified: 23 Jul 2019 12:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47374

Actions (login required)

View Item View Item