Farhan, Fachri Bintang (2024) Bahasa Kampanye pada Baliho Pemilu tahun 2024 di Kota Padang: Kajian Lanskap Linguistik. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (569kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (397kB) |
|
Text (Tesis Lengkap)
Tesis lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lanskap linguistik adalah kajian linguistik yang mengkaji penggunaan bahasa di ruang publik dalam bentuk tulisan. Salah satu penggunaan bahasa di ruang publik adalah penggunaan bahasa untuk mempengaruhi orang lain melalui yang dikenal dengan bahasa persuasif Bahasa persuasif adalah bahasa yang disampaikan oleh penutur untuk memberikan pengaruh kepada lawan tutur sesuai dengan instruksi yang disampaikannya. Penggunaan bahasa persuasif tersebut adalah dalam aktivitas kampanye politik menjelang pemilu tahun 2024, salah satunya adalah menggunakan baliho dengan bahasa yang bersifat persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bujukan atau persuasif untuk masyarakat dari bahasa kampanye yang digunakan selama kampanye pemilu berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan lanskap linguistik dengan analisis pragmatik. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dengan memotret baliho menggunakan smartphone, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori tuturan Sintaksis dan Pragmatik dari tuturan bahasa persuasif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik pilah unsur. Data disajikan menggunakan metode informal dengan menambahkan foto hasil dari pemotretan. Hasil analisis menemukan 30 jenis bahasa persuasif dari 25 baliho politik di jalan raya kota Padang. Dalam tuturan Sintaksis, ditemukan 9 kalimat imperatif, 20 kalimat deklaratif dan 1 kalimat interogatif. Sementara dalam tuturan Pragmatik, ditemukan 9 tuturan persuasif merupakan direktif, 7 tuturan komisif, 9 tuturan deklarasi, 4 tuturan asertif, dan 1 tuturan ekspresif. Bahasa persuasif dalam baliho politik didominasi oleh kalimat imperatif dan tuturan direktif, yang bertujuan meminta meminta dukungan masyarakat untuk calon legislatif, dengan kalimat-kalimat yang membujuk atau mengandung persuasif. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui bentuk dari persuasif yang digunakan oleh calon legislatif untuk mendapat dukungan masyarakat yang ada di Kota Padang menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2024.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Oktavianus, M. Hum |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 ilmu linguistik |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:55 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 07:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471303 |
Actions (login required)
View Item |