Pengaruh Kinerja Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Beberapa Negara di Asia Tenggara)

Rahmadany, Jeny Edelvi (2024) Pengaruh Kinerja Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Beberapa Negara di Asia Tenggara). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kinerja corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada masing-masing negara di Asia Tenggara dan memberikan bukti empiris mengenai peran manajemen laba pada pengaruh kinerja CSR terhadap nilai perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja CSR. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diproksikan dengan rasio Tobin’s Q. Variabel moderasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba dan menggunakan dua variabel kontrol yakni ukuran perusahaan dan leverage. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di bursa efek masing-masing negara di Asia Tenggara pada periode 2013-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari database Refinitiv Eikon. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kinerja CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan di negara Malaysia dan Singapura. Hasil penelitian selanjutnya adalah kinerja CSR tidak berpegaruh terhadap nilai perusahaan pada negara Filipina, Indonesia, dan Thailand. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen laba yang dilakukan manajer perusahaan akan memperlemah pengaruh kinerja CSR terhadap nilai perusahaan pada negara Singapura. Sebaliknya, di negara Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand, manajemen laba tidak memiliki efek moderasi pada pengaruh kinerja CSR terhadap nilai perusahaan. Pada negara Thailand, leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya pada negara Indonesia dan Malaysia, leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada negara Filipina dan Singapura, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Pada negara Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada negara Indonesia, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Rahmat Febrianto, SE., M.Si. Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Nilai Perusahaan; Manajemen Laba
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Ekonomi
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:06
Last Modified: 17 Oct 2024 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471294

Actions (login required)

View Item View Item