Rauffi, Hayatul Putri (2024) Gambaran Hasil Multiple Choice Question Blok Angkatan 2019 dan 2020 Pada Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
Text (BAB 1 - Pendahuluan)
BAB 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (BAB 6 (Penutup))
BAB 6 - Penutup.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada pendidikan kedokteran terdapat penilaian sumatif dan formatif. Multiple Choice Question (MCQ) merupakan salah satu bentuk penilaian sumatif yang dilakukan tiap akhir blok. Penilaian berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam memahami pembelajaran sehingga dapat menghasilkan dokter yang kompeten. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran hasil MCQ blok pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain studi cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 dan 2020 yang telah mengikuti seluruh ujian MCQ blok kecuali blok elektif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling dengan jumlah sampel 466 yang terdiri dari 239 mahasiswa angkatan 2019 dan 227 mahasiswa angkatan 2020 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu data sekunder berupa nilai MCQ mahasiswa yang didapat dari bagian Akademik Program Studi Kedokteran Universitas Andalas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata MCQ tertinggi pada angkatan 2019 terdapat pada blok 4.1 Gangguan Neonatus, Anak, Remaja dan Lansia (65,96) dan angkatan 2020 pada blok 4.2 Kegawatdaruratan (72,59). Nilai rata-rata terendah pada kedua angkatan terdapat pada blok 1.3 Hormon dan Persarafan (51,43 dan 51,15). Nilai rata-rata berdasarkan jalur masuk pada angkatan 2019 dan 2020 yang tertinggi didapat oleh mahasiswa dengan jalur SNMPTN dan terendah berdasarkan jalur masuk Seleksi Mandiri. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai rata-rata MCQ tertinggi diperoleh ketika mahasiswa berada pada tingkat akhir dan terendah pada tahun pertama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Firdawati, M.Kes, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Multiple Choice Question, Penilaian sumatif, Problem-based learning, Pendidikan Kedokteran |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:40 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470833 |
Actions (login required)
View Item |