PENGARUH PEMAKAIAN TIMOLOL 0,5 % TANPA DAN DENGAN BENZALKONIUM CHLORIDE TERHADAP PERUBAHAN TEAR FILM

VERA, VERA (2019) PENGARUH PEMAKAIAN TIMOLOL 0,5 % TANPA DAN DENGAN BENZALKONIUM CHLORIDE TERHADAP PERUBAHAN TEAR FILM. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR KESIMPULAN)
3. BAB AKHIR KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL)
5. THESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendahuluan: Pemberian obat dengan preservatif dapat menimbulkan tanda dan gejala dry eye dan menurunkan kualitas hidup pada pasien glaukoma. Bahan aktif timolol mengganggu kestabilan tear film pada ocular surface. BAK mengandung detergent, menurunkan stabilitas precorneal tear film dan meningkatkan evaporasi. Tujuan : Untuk mengetahui perubahan tear film akibat pemberian timolol 0,5% tanpa dan dengan BAK. Metode: Studi analitik komparatif desain observasional, dilakukan di Bagian Mata RSUP. DR. M. Djamil Padang, dilaksanakan pada bulan September 2018 – Juni 2019. Pasien dibagi menjadi kelompok timolol 0,5 % tanpa BAK serta kelompok timolol 0,5 % dengan BAK, diperiksa Schirmer I, Tear Break-Up Time, dan sitologi impresi konyungtiva. Hasil: Sejumlah 40 mata dari 23 orang pasien didapat, lebih banyak jumlah pasien perempuan pada kedua kelompok. Rerata usia kelompok timolol 0,5 % tanpa BAK adalah 39,42 ± 17,82 tahun dan kelompok timolol 0,5 % dengan BAK adalah 42,09 ± 13,09 tahun . Terdapat penurunan nilai Schirmer I dan TBUT pada kedua kelompok, nilai Schirmer I lebih kecil dan TBUT lebih singkat pada kelompok timolol 0,5 % dengan BAK. Terdapat kenaikan grading sitologi impresi konyungtiva pada kedua kelompok, kenaikannya lebih besar pada kelompok timolol 0,5 % dengan BAK. Kesimpulan: Pemakaian timolol 0,5 % tanpa dan dengan BAK akan menimbulkan perubahan tear film. Pemakaian timolol 0,5 % dengan BAK akan menimbulkan perubahan tear film yang lebih berat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Ardizal Rahman SpM(K)
Uncontrolled Keywords: Timolol 0,5 %, Benzalkonium Chloride, Tear Film, Schirmer I, Tear Break-Up Time, Sitologi Impresi.
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 21 Aug 2019 14:58
Last Modified: 21 Aug 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46902

Actions (login required)

View Item View Item