Pemanfaatan Konten Media Sosial TikTok sebagai Media Promosi Kuliner di Kota Padang pada akun @awlaparr

Wulan, Sakinah Azwir (2024) Pemanfaatan Konten Media Sosial TikTok sebagai Media Promosi Kuliner di Kota Padang pada akun @awlaparr. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konten merupakan nyawa dari sebuah media sosial. Penggunaan konten sebagai bentuk penyampaian pesan digital, tidak lepas dari kegiatan promosi kuliner oleh konten kreator melalui media sosial TikTok. Konten kreator dituntut mampu menciptakan konten promosi yang memberikan dampak positif bagi seluruh pihak yang terlibat melalui pemanfaatan sosial media yang baik. Penelitian dilakukan terhadap konten kreator kuliner di Kota Padang yaitu @awlaparr. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan konten media sosial TikTok sebagai media promosi kuliner dan respon penonton terhadap pemanfaatan konten oleh @awlaparr. Peneliti menggunakan model The Sircular of SOME untuk menganalisis pemanfaatan TikTok yang dilakukan oleh @awlaparr. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan konten TikTok sebagai media promosi oleh @awlaparr memiliki strategi terencana dan konsisten dalam share, optimalize, manage, dan engage di akun @awlaparr, tim tersebut telah menciptakan sebuah komunitas yang aktif dan terlibat. Dengan berbagi konten yang relevan dan menarik, mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur platform, mengelola interaksi dengan pengikut, dan terlibat secara langsung dengan audiens, mereka memperoleh berbagai manfaat yang signifikan dari keputusan yang disepakati dan keterlibatan pengguna media terhadap konten @awlaparr berdasarkan tindakan dan respon yang diberikan penonton memberikan keuntungan dan perbaikan untuk keberlangsungan konten pada akun @awlaparr dalam mempromosikan kuliner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia MA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:55
Last Modified: 04 Jun 2024 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/468623

Actions (login required)

View Item View Item