Strategi Pengembangan Bisnis Marawa Beach Club

REYSA, FADHILLA (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Marawa Beach Club. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sektor ekonomi Indonesia mengalami kemerosotan akibat pandemi Covid-19. Pemerintah perlu mengambil langkah efektif untuk pemulihan ekonomi indonesia. Salah satu sektor yang dapat membantu pemulihan ini yaitu sektor pariwisata, terutama pada bidang penyedia makan dan minum untuk pariwisata dan kuliner. Kota Padang, sebagai salah satu daerah yang menyadari dampak positif dari kemajuan sektor pariwisata, berusaha mengembangkan sumber daya pariwisatanya. Salah satunya yaitu melalui pembangunan destinasi wisata baru yang memanfaatkan keindahan pantai di padang, yaitu pembangunan Marawa Beach Club. Marawa Beach Club memiliki konsep beach club yang berakar dari gaya hidup barat yang mencakup berbagai fasilitas, seperti restoran, bar, lounge, tempat berjemur, kolam renang, dan lainnya. Meskipun demikian, Marawa Beach Club masih menghadapi tantangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi pengembangan bisnis Marawa Beach Club berdasarkan kondisi bisnisnya saat ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk perumusan strategi bisnis dan metode QSPM untuk menentukan strategi prioritas dalam pengembangan bisnis Marawa Beach Club. Berdasarkan hasil matriks IE yang didapatkan dari perhitungan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, Marawa berada pada sel IV yaitu dengan posisi perusahaan “grow and build”. Strategi yang tepat untuk Marawa adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk) dan stategi integrasi (integrasi ke depan, integrasi ke belakang, integrasi horizontal). Perumusan strategi menggunakan matriks SWOT menghasilkan 11 alternatif strategi. Hasil perhitungan QSPM menunjukan prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan Marawa Beach Club yaitu strategi intensif dengan total skor daya tarik sebesar 5,222.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Taufik, M.T.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 29 May 2024 04:32
Last Modified: 29 May 2024 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467851

Actions (login required)

View Item View Item