Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Ujian Berbasis Komputer dengan Nilai Multiple Choice Questions (MCQ) di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Rizka, Fatiha (2019) Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Ujian Berbasis Komputer dengan Nilai Multiple Choice Questions (MCQ) di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstract)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full text SKRIPSI RIZKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Computer Based Test (CBT) adalah ujian yang dilakukan menggunakan komputer, bukan format kertas dan pensil. Saat ini CBT sudah digunakan di perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap CBT yang digunakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kedokteran tahap akademik. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan SIPENA Quessionaire yang dikeluarkan oleh KB UKDI (Komite Bersama Ujian Kompetensi Dokter Indonesia) Penelitian ini menunjukkan 68 (68%) siswa adalah perempuan dan 32 (32%) adalah laki-laki. Sebagian besar responden berusia 20 tahun (29%) dan paling sedikit 23 tahun (4%). Skor persepsi adalah 67% dari persepsi positif, 31% dari persepsi netral dan 2% persepsi negatif. Hasil penelitian ini menggunakan uji Fischer’s exact. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa, sebagian besar (76,11%) siswa menyatakan bahwa mereka memiliki persepsi baik terhadap CBT walaupun nilai CBT mereka tidak memuaskan. Selain itu mahasiswa yang memiliki persepsi netral-negatif dengan nilai yang tidak memuaskan sebanyak (87,8%). nilai sangat baik, 19% nilai baik, 79% nilai kurang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan nilai p = 0,195 (p> 0,05), bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap CBT dengan nilai CBT. Mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif namun mendapatkan nilai yang kurang baik. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara persepsi mahasiswa dengan nilai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Laila Isrona, M.Sc
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jul 2019 10:04
Last Modified: 18 Jul 2019 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46782

Actions (login required)

View Item View Item