Analisis Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM Olahan Ubi Kayu di Kelurahan Tanjung Pauh Kota Payakumbuh

Farhanda, Riza Fadilah (2024) Analisis Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM Olahan Ubi Kayu di Kelurahan Tanjung Pauh Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan digital marketing oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) olahan ubi kayu di Kelurahan Tanjung Pauh, Kota Payakumbuh. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) menggambarkan tingkat pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UMKM olahan ubi kayu di Kelurahan Tanjung Pauh, 2) mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam memanfaatkan digital marketing. Teknik pengumpulan data dari wawancara informan kunci dan survei. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UMKM olahan ubi kayu berada pada tingkat sedang dengan nilai 3,43, hal ini dilihat dari pengetahuan dalam menggunakan digital marketing, keterampilan dalam penggunaan teknologi digital pemasaran dan aktivitas penggunaan yang cukup, mayoritas pelaku UMKM memiliki pemahaman yang baik tentang pemanfaatan teknologi digital, sehingga masih ada ruang peningkatan pemanfaatan teknologi digital secara optimal agar menjangkau wilayah pasar yang lebih luas. Disamping itu, terdapat kendala atau hambatan yang dialami oleh pelaku UMKM dalam pemanfaatan digital marketing keterbatasan keterampilan sumber daya manusia dalam teknologi digital, mayoritas pelaku UMKM memiliki pengetahuan dasar tentang digital marketing, hambatan dalam mengelola infrastruktur teknologi digital dan akses pasar juga menjadi faktor penghambat. Beberapa pelaku UMKM mengalami kesulitan akses internet yang cepat dan stabil, serta memahami kebutuhan pasar melalui digital marketing. Diperlukan dukungan dari pemerintah setempat dalam bentuk pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, UMKM, Olahan Ubi Kayu, Pemanfaatan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 22 May 2024 03:44
Last Modified: 12 Jun 2024 09:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467250

Actions (login required)

View Item View Item