Pengembangan Kuesioner untuk Menilai Kemampuan Self-Directed Learning Mahasiswa Program Studi Kedokteran dalam Praktikum Anatomi

Rayhan, Fajar Matheza (2019) Pengembangan Kuesioner untuk Menilai Kemampuan Self-Directed Learning Mahasiswa Program Studi Kedokteran dalam Praktikum Anatomi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan self-directed learning (SDL) merupakan sebuah kemampuan yang penting bagi mahasiswa kedokteran dan dokter. Kemampuan SDL dapat ditingkatkan dengan memberikan umpan balik yang efektif kepada mahasiswa yang diidentifikasi menggunakan kuesioner self-assessment yang valid dan reliabel tentang kegiatan pembelajaran, seperti praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu kuesioner self-assessment yang valid dan reliabel untuk menilai kemampuan SDL mahasiswa kedokteran dalam praktikum Anatomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain potong lintang di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari Oktober 2018 hingga Juli 2019 dan menggunakan uji analisis faktor. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel 157 orang mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2018. Dihasilkan kuesioner dengan 13 pertanyaan yang terdiri dari 3 faktor. Hasil penilaian model fit confirmatory factor analysis didapatkan kuesioner sudah memiliki rancangan yang baik. Tingkat reliabilitas kuesioner dinilai dengan Cronbach’s alpha bernilai 0,885. Kuesioner yang dikembangkan telah valid dan reliabel untuk menilai kemampuan SDL dalam praktikum Anatomi. Kuesioner ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pemberian umpan balik terhadap kemampuan SDL mahasiswa dalam praktikum. Kuesioner ini dapat dimodifikasi untuk pemakaian pada praktikum lainnya. Kata kunci : Pengembangan kuesioner, praktikum Anatomi, self-directed learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed PhD
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jul 2019 12:28
Last Modified: 17 Jul 2019 12:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46708

Actions (login required)

View Item View Item