Pengaruh Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada Aplikasi Traveloka di Masyarakat Kota Samarinda

Elvira, Retno (2024) Pengaruh Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada Aplikasi Traveloka di Masyarakat Kota Samarinda. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1 cover_abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 wM.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Bab Penutup)
bab V WM.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS WM.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
retno elvira_2010526029 watermart.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Membangun brand image yang kuat sangat penting dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan minat konsumen dalam melakukan pembelian. Semakin baik brand image suatu produk, semakin besar pula kemungkinan konsumen terbujuk untuk membelinya. Selain itu, melakukan promosi juga dinilai sebagai salah satu cara yang lebih efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada aplikasi Traveloka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan Traveloka di Kota Samarinda dengan sampel sebanyak 85 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa kuisioner. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persentase sebesar 33,7%, artinya semakin baik Brand Image akan ikut meningkatkan Keputusan Pembelian secara langsung. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persentase sebesar 59,5%, artinya semakin baik Promosi akan ikut meningkatkan Keputusan Pembelian secara langsung. Variabel Promosi merupakan variabel yang berpengaruh paling tinggi terhadap Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dessy Kurnia Sari, SE., M.Bus(Adv)., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Brand image; promosi; keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:17
Last Modified: 30 Oct 2024 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466168

Actions (login required)

View Item View Item